PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HAK ATAS INFORMASI HARGA PADA MENU MAKANAN, DALAM PERSPEKTIF UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI WARUNG MAKAN PADA KAWASAN MALIOBORO

WIJI SARASPENI, NIM. 12340029 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HAK ATAS INFORMASI HARGA PADA MENU MAKANAN, DALAM PERSPEKTIF UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI WARUNG MAKAN PADA KAWASAN MALIOBORO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HAK ATAS INFORMASI HARGA PADA MENU MAKANAN, DALAM PERSPEKTIF UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI WARUNG MAKAN PADA KAWASAN MALIOBORO)
12340029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HAK ATAS INFORMASI HARGA PADA MENU MAKANAN, DALAM PERSPEKTIF UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI WARUNG MAKAN PADA KAWASAN MALIOBORO)
12340029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (785kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perlindungan konsumen terhadap hak atas informasi harga pada menu makanan, dalam perspektif Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Malioboro sebagai ikon pariwisata kota Yogyakarta harus dijaga eksistensinya dari hal-hal yang memperburuk citra, termasuk tentang adanya pelaku usaha warung makan yang tidak memberikan perlindungan terhadap konsumen. Penelitian ini dikhususkan bagi para pelaku usaha warung makan yang belum memberikan informasi harga, padahal pelaku usaha berkewajiban memberikan informasi harga sebagaimana diatur dalam UUPK. Pokok permasalahan dari penelitian ini yakni alasan pelaku usaha warung makan pada kawasan malioboro tidak memberikan informasi harga pada menu makanan, dan bagaimana bentuk perlindungan terhadap konsumen yang tidak mendapatkan informasi harga dari pelaku usaha oleh pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode yuridis-empiris, yaitu pelaksanaan ketentuan pada Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang harus dilaksanakan sesuai dengan apa yang tercantum di dalam UUPK tersebut. Maksud dari penelitian ini adalah menganalisis permasalahan yang dilakukan dengan memadukan bahan-bahan hukum dengan data yang diperoleh di lapangan. Fokus utama permasalahan yang diangkat adalah hak atas informasi harga. Adapun objek pada penelitian ini adalah sebagian warung makan yang belum memberikan informasi harga pada menu makanan yang ada pada kawasan Malioboro. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa alasan pelaku usaha warung makan pada kawasan Malioboro tidak memberikan informasi harga pada menu makanan, salah satu pelaku usaha menjelaskan bahwa, sudah memiliki pelanggan yang cenderung sudah mengerti kisaran harga makanan yang disediakan di warung makan seafood miliknya, yang dimana pelaku usaha ini tidak memikirkan konsumen baru yang ingin bertransaksi pada warung makan seafood miliknya. Bentuk perlindungan dari pelaku usaha warung makan terhadap konsumen pada kawasan Malioboro, dalam perspektif beberapa konsumen mengatakan bahwa belum ada perlindungan yang diberikan oleh pelaku usaha warung makan pada saat mereka bertransasksi. Misalnya berupa kompensasi, garansi kekecewaan ataupun nota jual beli. Bentuk perlindungan oleh pemerintah telah diberikan UPT Malioboro, yakni menghimbau kepada konsumen bila ada keluhan terkait dengan harga atau ketidaknyamanan wisatawan di Malioboro, dapat datang langsung ke UPIK (Unit Pengelola Informasi dan Keluhan) di jalan Malioboro No.56, atau menghubungi nomor telepon UPT yang aktif 24 jam. Hanya saja UPT belum memberikan pembinaan dan pengawasan secara maksimal karena masih banyak konsumen ataupun wisatawan Malioboro tidak mengetahui hal tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. M. MISBAHUL MUJIB, S.Ag., M.Hum. 2. LINDRA DARNELA, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Hak atas Informasi Harga, Malioboro.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Aug 2016 09:43
Last Modified: 18 Aug 2016 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21647

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum