PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN BALAP LIAR DI KAWASAN RADIO SIARAN PEMERINTAH DAERAH (RSPD) MUNTILAN MAGELANG (STUDI KASUS DI POLRES MAGELANG)

PUTRI NURDIANA, NIM. 12340076 (2016) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN BALAP LIAR DI KAWASAN RADIO SIARAN PEMERINTAH DAERAH (RSPD) MUNTILAN MAGELANG (STUDI KASUS DI POLRES MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN BALAP LIAR DI KAWASAN RADIO SIARAN PEMERINTAH DAERAH (RSPD) MUNTILAN MAGELANG (STUDI KASUS DI POLRES MAGELANG))
12340076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN BALAP LIAR DI KAWASAN RADIO SIARAN PEMERINTAH DAERAH (RSPD) MUNTILAN MAGELANG (STUDI KASUS DI POLRES MAGELANG))
12340076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Arus globalisasi mempunyai implikasi yang signifikan dalam berbagai lini kehidupan. Implikasi tersebut memiliki dua hal yang kontradiktif. Masyarakat modern saat ini cenderung bersifat pragmatis dan mengabaikan norma-norma kemasyarakatan yang ada. Hal ini mengakibatkan tidak adanya upaya filterisasi masing-masing individu untuk memilah mana dampak positif yang harus dimaksimalkan fungsinya dan mana dampak negatif yang harus diminimalisir akibatnya, khususnya dampak negatif yang cenderung ke arah tindak kriminalitas meskipun hal ini merupakan sebuah kreativitas yang seharusnya dapat diapresiasi. Seperti contohnya kecanggihan transportasi darat seperti kendaraan bermotor yang dimodifikasi oleh para remaja yang justeru malah jauh dari standardisasi yang sudah ditentukan. Hasil dari motor yang sudah dimodifikasi digunakan untuk ajang balap liar yang merupakan suatu tindak pelanggaran . Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan berjenis kualitatif. Adapun pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah wawancara para pelaku balap liar di kawasan RSPD Muntilan Magelang, Kepolisian Polres Magelang dan masyarakat sekitar kawasan RSPD Muntilan, Magelang. Adapun sumber data sekundernya antara lain buku, jurnal, dokumen, dan sebagainya yang berkaitan dengan tema dalam penelitian ini, yakni penegakan hukum terhadap tindak pidana perjudian balap liar di kawasan Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Muntilan, Magelang. Sementara itu, untuk menganalisisnya digunakan teori hukum dan perubahan sosial, dan teori efektivitas hukum Soerjono Soekanto. Dari penelitian ini ditemukan bahwa dalam ajang balap liar membahayakan pelaku balap liar, dan pengguna jalan lain, serta dilakukan di dini hari. Kasus balap liar yang ditangani oleh Polres Magelang dikenakan dengan Pasal 281, Pasal 285 ayat (1), dan Pasal 288 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu, dalam ajang di RSPD Muntilan, Magelang, ditemukan adanya perjudian berupa uang taruhan. Namun, perjudian ini tidak dapat diusut tuntas oleh Polres Magelang karena faktor barang bukti yang sulit ditemukan dan sifat perjudian yang tertutup. Perjudian ini adalah suatu kejahatan yang diatur di dalam Pasal 303 dan Pasal 303 bis. Dengan demikian, untuk meminimalisir tindak pidana perjudian balap liar, Polres Magelang melakukan upaya penanggulangan seperti upaya preventif dan upaya represif, tetapi dalam pelaksanaan, Polres Magelang masih mengalami kendala. Kendala ini menjadi problematika dalam penegakan hukum tindak pidana perjudian balap liar di kawasan RSPD Muntilan, Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. PROF. DR. H. MAKHRUS MUNAJAT, S.H., M.HUM. 2. DR. AHMAD BAHIEJ, S.H., M.HUM
Uncontrolled Keywords: Perjudian, Balap liar, Penegakan Hukum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Aug 2016 15:18
Last Modified: 19 Aug 2016 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum