KORELASI ANTARA KEMAMPUAN SISWA DALAM INFORMATION LITERACY SKILL DENGAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP TUMBUH YOGYAKARTA

FADHAN ANWARODIN, NIM. 11410168 (2016) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN SISWA DALAM INFORMATION LITERACY SKILL DENGAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP TUMBUH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA KEMAMPUAN SISWA DALAM INFORMATION LITERACY SKILL DENGAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP TUMBUH YOGYAKARTA)
11410168_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA KEMAMPUAN SISWA DALAM INFORMATION LITERACY SKILL DENGAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP TUMBUH YOGYAKARTA)
11410168_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

FADHAN ANWARODIN. Korelasi antara Kemampuan Siswa dalam Information Literacy Skill dengan Hasil Belajar PAI di SMP Tumbuh Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya yang berkaitan dengan peran perpustakaan yang tidak berfungsi sebagai salah satu sumber belajar dan pendukung proses pembelajaran serta tidak dimilikinya kemampuan information literacy skill yang baik oleh siswa sebagai keterampilan untuk dapat mencari, mengolah, dan menyaring informasi yang baik ditengah banyaknya sumber informasi baik dari media masa maupun internet. Sebagai jawabannya, maka SMP Tumbuh Yogyakarta mencoba untuk berinovasi dengan menerapkan kebijakan literasi pada semua subyek mata pelajaran. Inovasi itu merupakan sebuah tindak lanjut dari sekolah untuk mengembalikan fungsi perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa. Harapan lain dari SMP Tumbuh Yogyakarta adalah dengan adanya kebijakan literasi proses pembelajaran menjadi lebih variatif dan dapat memberikan kontribusi yang baik dalam hasil belajar khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kuantitatif yang mengambil lokasi di SMP Tumbuh Yogyakarta. Adapun desain dari penelitian ini adalah penelitian uji kolerasional antara dua variabel yaitu kemampuan siswa dalam information literacy skill dan hasil belajar PAI. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Tumbuh Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji coba instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji linearitas. Selanjutnya, pada tahap analis data dilakukan dengan pengujian hipotesis sebagai perhitungan korelasi antara kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kemampuan siswa dalam information literacy skill siswa SMP Tumbuh Yogyakarta dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-ratanya mencapai 54,60 dari nilai tertinggi 80,00 dan nilai terendah 35,00. 2) hasil belajar PAI siswa SMP Tumbuh Yogyakarta juga pada kategori cukup baik dengan nilai rata-ratanya mencapai 75,84 dari nilai tertinggi 94,00 dan nilai terendah 60,00. 3) ada korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan siswa dalam information literacy skill dengan hasil belajar PAI di SMP Tumbuh Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,550. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan siswa dalam information literacy skill dengan hasil belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Information Literacy Skill, Hasil Belajar, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Aug 2016 00:55
Last Modified: 22 Aug 2016 00:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21677

Actions (login required)

View Item View Item