EFEKTIVITAS PENGAWASAN CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII DI SMK N 3 WONOSARI

AJI PURNOMO, NIM. 11410185 (2016) EFEKTIVITAS PENGAWASAN CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII DI SMK N 3 WONOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGAWASAN CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII DI SMK N 3 WONOSARI)
11410185_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGAWASAN CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII DI SMK N 3 WONOSARI)
11410185_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

AJI PURNOMO. Efektivitas Pengawasan Closed Circuit Television (CCTV) dalam Meningkatkan Perilaku Kedisiplinan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMK Negeri 3 Wonosari. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih dijumpai ketidakdisiplinan siswa terhadap peraturan sekolah khususnya di dalam pembelajaran PAI. Hal tersebut di antaranya: terlambat masuk kelas, tidak mengerjakan tugas, menyontek, kurang minat dan motivasi dalam belajar, kurang perhatian terhadap pelajaran (mengganggu teman, gaduh, tidur, mengobrol). Ketidakdisiplinan tersebut memunculkan suatu konsep Muraqabatullah yang diterapkan sekolah dalam membantu meningkatkan kedisiplinan siswa, yaitu melalui media pengawasan Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di setiap sudut kelas. Dengan demikian tujuan penelitian ini meliputi (1) Untuk mengetahui tentang proses pembelajaran kedisiplinan siswa kelas XII SMK Negeri 3 Wonosari (2) Untuk mengetahui efektivitas pengawasan CCTV dalam meningkatkan perilaku kedisiplinan siswa pada pembelajaran PAI di kelas XII SMK N 3 Wonosari (3) Untuk mengetahui problem-problem dari pengawasan CCTV dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada pembelajaran PAI di kelas XII SMK N 3 Wonosari disertai dengan solusi yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di SMK Negeri 3 Wonosari. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kedisiplinan siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Wonosari berlangsung cukup baik, dan peraturan-peraturan sekolah berjalan cukup baik dalam mendisiplinkan siswa. (2) Keefektifan CCTV dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada pembelajaran PAI dirasa cukup efektif dan membantu guru (dibuktikan oleh beberapa indikator yang ditemukan). Kualitas kedisiplinan siswa bukan semata-mata karena faktor CCTV. Guru, materi, dan metode lebih menentukan tingkat perhatian siswa (3) Problem utama dalam penggunaan CCTV di dalam kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XII pada pembelajaran PAI adalah tidak terlihatnya perhatian khusus sekolah dalam pengawasan keseharian melalui CCTV, sehingga sebagian siswapun menganggap keberadaan CCTV kurang memberikan rasa khawatir ketika melanggar tata tertib dalam pembelajaran maupun ujian. Solusi dari pihak sekolah; menyampaikan kepada guru yang bersangkutan pada waktu tertentu bahwa terdapat siswa yang tidak disiplin di kelas, mempertimbangkan penambahan pemonitoran CCTV, dan melakukan maintenance berkala setiap 6 bulan sekali serta menormalkan kembali CCTV yang belum aktif karena penambahan dan renovasi di beberapa kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV), KEDISIPLINAN, PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:15
Last Modified: 22 Aug 2016 01:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item View Item