KORELASI ANTARA NILAI UAS PAI DI SD/MI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP N 2 KEMUSU BOYOLALI

SETIOWATI NIM.05410203-04, (2009) KORELASI ANTARA NILAI UAS PAI DI SD/MI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP N 2 KEMUSU BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Nilai UAS PAI di SD/MI dan Motivasi Belajar terhadap PAI dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP N 2 Kemusu Boyolali. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kemusu tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 160 siswa. Sampel penelitian ini diambil 50% dari seluruh jumlah siswa kelas VII (160 siswa) yaitu 80 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan sistem undian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi, dan interview. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 50 butir angket terdapat 44 butir terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,8788 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskripsi, analisis korelasi, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai UAS PAI di SD/MI termasuk kategori sedang, Motivasi belajar siswa terhadap PAI termasuk kategori sedang, dan prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 2 Kemusu juga termasuk kategori sedang. 2) Ada korelasi yang positif dan cukup signifikan antara nilai ujian akhir sekolah (UAS) PAI di SD/MI dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 2 Kemusu Boyolali tahun pelajaran 2007/2008 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,64. Hal ini berarti semakin tinggi nilai UAS PAI di SD/MI semakin tinggi pula prestasi belajar PAI mereka di tingkat SMP. 3) Ada korelasi yang positif dan sangat signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 2 Kemusu Boyolali tahun pelajaran 2007/2008 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,94. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi belajar siswa terhadap PAI semakin tinggi pula prestasi belajar PAI mereka. 4) Ada korelasi yang positif dan sangat signifikan antara nilai ujian akhir sekolah (UAS) PAI di SD/MI dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 2 Kemusu Boyolali tahun pelajaran 2007/2008 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,95. Hal ini berarti semakin tinggi nilai UAS PAI di SD/MI dan semakin tinggi motivasi belajar siswa terhadap PAI akan semakin tinggi pula prestasi belajar PAI mereka di tingkat SMP. Penelitian ini juga menunjukkan persamaan regresi Y = 17,04 + 0,88X1 + 0,40X2 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 90,1%. Nilai tersebut berarti 90,1% prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 2 Kemusu dipengaruhi oleh nilai UAS PAI di SD/MI yang menggambarkan kemampuan awal siswa dan motivasi belajar siswa terhadap PAI. Sedangkan sisanya yaitu 09,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Nilai, UAS, Motivasi, Belajar, PAI
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item