PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKTUALISASI DIRI PESERTA DIDIK DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA

FIKRI ABDUL AZIZ, NIM. 11411001 (2016) PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKTUALISASI DIRI PESERTA DIDIK DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKTUALISASI DIRI PESERTA DIDIK DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
11411001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKTUALISASI DIRI PESERTA DIDIK DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
11411001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)

Abstract

FIKRI ABDUL AZIZ, Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual dan Implikasinya Terhadap Aktualisasi Diri Peserta Didik di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa penanaman spiritualitas terhadap peserta didik penting dilakukan karena sistem Pendidikan Islam pada dasarnya menyeimbangkan antara pendidikan akal dengan pendidikan spiritual. Jika kedua hal itu tidak berjalan dengan baik maka akan terjadi suatu kecacatan. SMPIT Abu Bakar Yogyakarta adalah salah satu sekolah dimana memiliki kegiatan dan penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam yang dapat mewujudkan keseimbangan antara pendidikan akal dengan pendidikan spiritual. Tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk mendeskripsikan penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual dan menganalisis implikasi penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual terhadap aktualisasi diri peserta didik di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dengan menggunakan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penyelenggaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual melalui jalan tugas (meliputi Sholat Dhuha, Halaqoh Tarbawiyah, Dauroh Qur’an, Mabit, dan We care we share), jalan pengasuhan (adalah Sholat Dhuha), jalan Pengetahuan (diantaranya Sholat Dhuha, Halaqoh Tarbawiyah, Dauroh Qur’an, Mabit, dan We care we share), dan jalan perubahan pribadi (beberapa kegiatan diantaranya Sholat Dhuha, Halaqoh Tarbawiyah, Dauroh Qur’an, Mabit, dan We care we share). 2) Implikasi dari penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual bisa dilihat dari aktualisasi diri peserta didik dimana peserta didik yang keaktifan tinggi memiliki aktualisasi baik, peserta didik keaktifan sedang memiliki aktualisasi diri cukup, dan peserta didik yang keaktifannya rendah memiliki aktualisasi diri yang kurang. Akan tetapi aktualisasi diri peserta didik secara keseluruhan tidak mutlak dipengaruhi oleh kegiatan Sholat Dhuha, Halaqoh Tarbawiyah, Dauroh Qur’an, Mabit, dan We care we share saja, melainkan juga disebabkan dengan berbagai faktor baik dari dalam diri peserta didik maupun faktor yang berada disekitar termasuk lingkungan, keluarga dan motivasi dalam diri peserta didik itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:19
Last Modified: 22 Aug 2016 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum