ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) BAGI PELAYANAN PAI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN

RATRIANA SUKMA WAHYUDI, NIM. 12410001 (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) BAGI PELAYANAN PAI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) BAGI PELAYANAN PAI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN)
12410001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (42MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) BAGI PELAYANAN PAI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN)
12410001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

RATRIANA SUKMA WAHYUDI. Analisis Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pelayanan Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini bahwa idealnya anak-anak generasi Indonesia yang berusia sekolah, seharusnya memperoleh pendidikan. Hal tersebut berlaku tidak hanya untuk anak yang memiliki kesehatan normal, namun anak-anak yang memilki kekurangan atau kebutuhan khusus juga memiliki hak yang sama. Namun, pada kenyataannya masih banyak anak berkebutuhan khusus yang tidak dan belum memperoleh pendidikan, khususnya Pendidikan Agam islam, baik anak dengan indra normal ataupun anak dengan kebutuhan khususus dalam usia sekolah.Kemiskinan merupakan salah satu alasan, masih banyak anak bangsa yang tidak mengikuti program pemerintah yaitu wajib belajar 9 tahun. Padahal pemerintah telah mencanangkan adanya dana BOS yang berasal dari APBN guna memenuhi kebutuhan operasional sekolah dan membebaskan siswa dari pungutan, khususnya siswa miskin. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian tentang implementasi kebijakan BOS khususnya bagi pelayanan PAI untuk anak berkebutuhan khusus. Yang menjadi permasalahan dalam pnelitian ini adalah bagaimanakah isi kebijakan BOS itu, bagaimanakah implementasinya dalam memberikan pelayanan PAI bagi ABK. Dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat implementasi BOS khususnya dalam memberikan pelayanan PAI bagi ABK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjabarkan implementasi kebijakan BOS khususnya dalam memberikan pelayanan PAI bagi ABK di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan : (1) Dana BOS merupakan dana yang diberikan pemerintah pusat, kepada sekolah-sekolah yang telah terdaftar dan sesuai dengan kriteria, guna memenuhi kebutuhan biaya operasional non personalia,yang dalam tekhnisnya diturunkan setiap tri wulan, atau 3 bulan sekali, yang mana dana tersebut berasal dari APBN, dengan dana tersebut diharapka dapat meningkatkan kualitas pendidikan, dan mewujudkan program wajib belajar 9 tahun yang bermutu. (2) Dalam implementasinya dana BOS bagi pelayanan PAI di SLB wiyata Dharma sudah cukup baik, dari total dana Rp 60.000.000 pertahun, 30% nya digunakan untuk pelayanan Pendidikan Agama Islam, diantaranya honorarium pendidik PAI, penggandaan soal ujian PAI, penggandaan perangkat pembelajaran PAI, memenuhi Sarana dan Prasaran pembelajaran PAI, dan lain sebagainya. Sehingga pelayanan pendidikan Agama Islam di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik, telah mencukupi 8 Standar Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tasman Hamami, MA.
Uncontrolled Keywords: Dana BOS, Pelayanan PAI, ABK.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:21
Last Modified: 22 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum