HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH IBU YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN TINGGI DAN PENDIDIKAN RENDAH DENGAN PRESTASI BELAJAR AFEKTIF SISWA KELAS V SDN SAMBILAWANG TRANGKIL PATI T.A 2015/2016

ERNY FITRIYANINGSIH, NIM. 12410010 (2016) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH IBU YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN TINGGI DAN PENDIDIKAN RENDAH DENGAN PRESTASI BELAJAR AFEKTIF SISWA KELAS V SDN SAMBILAWANG TRANGKIL PATI T.A 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH IBU YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN TINGGI DAN PENDIDIKAN RENDAH DENGAN PRESTASI BELAJAR AFEKTIF SISWA KELAS V SDN SAMBILAWANG TRANGKIL PATI T.A 2015/2016)
12410010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH IBU YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN TINGGI DAN PENDIDIKAN RENDAH DENGAN PRESTASI BELAJAR AFEKTIF SISWA KELAS V SDN SAMBILAWANG TRANGKIL PATI T.A 2015/2016)
12410010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Erny Fitriyaningsih, "Hubungan antara Pola Asuh Ibu yang Berlatar Belakang Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Rendah dengan Prestasi Belajar Afektif Siswa Kelas V SDN Sambilawang Trangkil Pati T.A 2015/2016." Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tingkat pendidikan ibu mempengaruhi jenis pola asuh yang digunakan dalam mendidik anak dan idealnya prestasi belajar afektif siswa sangat erat kaitannya dengan pola asuh yang diterapkan ibu kepada anak. Namun kenyataannya di zaman sekarang ini tingkat pendidikan ibu tidak menjamin tinggi rendahnya prestasi belajar afektif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara pola asuh ibu yang berlatar belakang pendidikan tinggi dan pendidikan rendah dengan prestasi belajar afektif siswa kelas V SDN Sambilawang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sambilawang Trangkil Pati T.A 2015/2016 sebanyak 36 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode skala psikologi, dan metode observasi, dokumentasi sebagai tambahan. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30 butir soal terdapat 23 butir soal terbukti valid untuk pola asuh, 30 butir soal terdapat 25 butir soal terbukti valid untuk prestasi belajar afektif sedang hasil analisis reliabilitas pola asuh ibu menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,730 dan koefisien reliabilitas prestasi belajar afektif sebesar 0,728. Analisis data meliputi analisis Statistik deskriptif dan analisis Korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ibu yang berlatar belakang pendidikan tinggi cenderung menggunakan tipe pola asuh demokratis, hal ini terbukti dengan perolehan presentase pola asuh demokratis yang paling tinggi yaitu 62,5%, otoriter 56,25%, dan permisif sebesar 56,25%. 2) ibu yang berlatar belakang pendidikan rendah cenderung menggunakan tipe pola asuh permisif, hal ini terbukti dengan perolehan presentase pola asuh permisif yang paling tinggi yaitu 80%, pola asuh otoriter 70%, pola asuh demokratis 75%. 3) ada hubungan yang positif antara pola asuh ibu yang berlatar belakang pendidikan tinggi dengan prestasi belajar afektif siswa kelas V SDN Sambilawang. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,461 sementara rtabel 5% sebesar 0,3291 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0,0410,05 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan antara pola asuh ibu yang berlatar belakang pendidikan tinggi dengan prestasi belajar afektif siswa kelas V. 4) ada hubungan yang positif antara pola asuh ibu yang berlatar belakang pendidikan rendah dengan prestasi belajar afektif siswa kelas V SDN Sambilawang. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,542 sementara rtabel 5% sebesar 0,3291 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0,0300,05 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan antara pola asuh ibu yang berlatar belakang pendidikan rendah dengan prestasi belajar afektif siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:27
Last Modified: 22 Aug 2016 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum