STRATEGI ESTAFET BOLA KERTAS MELALUI LAGU SHOLAWAT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N I GODEAN TAHUN AJARAN 2015/2016

MUSTIANI, NIM. 12410020 (2016) STRATEGI ESTAFET BOLA KERTAS MELALUI LAGU SHOLAWAT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N I GODEAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ESTAFET BOLA KERTAS MELALUI LAGU SHOLAWAT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N I GODEAN TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ESTAFET BOLA KERTAS MELALUI LAGU SHOLAWAT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N I GODEAN TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)

Abstract

MUSTIANI. Implementasi Strategi Estafet Bola Kertas melalui Lagu Shalawat pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VIII SMP N I Godean tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa pengetahuan guru Pendidikan Agama Islam di SMP N I Godean tentang berbagai strategi pembelajaran masih minim, dan kurang dikreasikan, sehingga berdampak pada keaktifan siswa di dalam kelas yang masih kurang. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan strategi pembelajaran yang bisa membuat siswa bergerak aktif secara general dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi yang diterapkan peneliti adalah strategi Estafet Bola Kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imlementasi strategi Estafet Bola Kertas, gambaran umum dan kontribusinya terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan rujukan guruguru dalam praktik proses pembelajaran, bisa di eksplor ke dunia akademik, memberikan gambaran umum dan kontribusinya dalam proses pembelajaran yang berbasis siswa aktif dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian lapanagn (field reaserch). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teknologi pendidikan, yaitu pendekatan yang memandang soal mengajar dan belajar sebagai suatu masalah atau problema yang harus dihadapi secara rasional dan ilmiah. Analisis data dalam penelitian kualitatif menggunakan analisis deduktif terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dengan verivikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi Estafet Bola Kertas berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang diharapkan. 2) Implementasi strategi Estafet Bola Kertas terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa melalui hal sebagai berikut: Keinginan dan keberanian peserta didik menampilkan perasaan ketika proses pembelajaran berlangsung, Keinginan dan keberanian serta kesempatan berprestasi dalam kegiatan baik persiapan, proses dan kelanjutan belajar, Penampilan berbagai usaha dan kreativitas peserta didik dalam proses belajar mengajar sampai mencapai keberhasilan, Kebebasan dan keleluasaan dalam mengeluarkan pendapat tanpa tekanan guru/pihak lain. 3) Strategi Estafet Bola Kertas memberikan kontribusi berupa: Siswa memahami materi pembelajaran, Menciptakan keaktifan siswa, Mengenal, senang, dan gemar melantunkan shalawat, Siswa semakin tertarik dan senang untuk belajar PAI, Melibatkan partisipasi dari semua peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi estafet bola kertas, keaktifan siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:32
Last Modified: 22 Aug 2016 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21688

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum