EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI METODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH

SYARIFUDDIN AHMAD, NIM. 12410025 (2016) EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI METODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI METODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH)
12410025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI METODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH)
12410025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)

Abstract

Syarifuddin Ahmad. Efektifitas Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Santri melalui metode Halaqah dalam Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah penyelenggaraan kegiatan pembelajaran Pondok Pesantren Salafiyah untuk para santri dengan berbagai macam materi tersebut disampaikan dengan berbagai macam metode pembelajaran yang terangkum dalam sistem tradisional dalam bentuk sorogan, bandongan maupun lainnya. Dalam prakteknya, metode halaqah dikatagorikan sebagai diskusi untuk memahami isi kitab, bukan mempertanyakan kemungkinan benar salahnya apa-apa yang diajarkan oleh kitab. Konsekwensi logis untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, metode halaqah harus massif lebih dikembangkan dengan model diskusi yang bersifat interaktif kritis guna menumbuhkan kemampuan berfikir kritis santri. Dengan metode halaqah dapat memberikan peluang bagi para santri untung mengembangkan kemampuan berfikir kritis dengan saling tukar ide atau gagasan telaah materi yang diajarkan. Dalam hali ini, Pondok Pesantren Fadlun Minalloh sebagai obyek tentang pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui metode halaqah dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis. Yang menjadi pembahasa penelitian ini adalah: (1) bagaimana peleksanaan pembelajaran melalui metode halaqah, (2) efektifitas pembelajaran fiqih halaqah dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis santri, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran fiqih melalui metode halaqah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Bantul Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih karena jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik akan tetapi menekankan pada makna, penalaran definisi suatu situasi tertentu. Hasil dari penelitian ini bahwa Pondok Pesantren Fadlun Minalloh dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis santri melalui metode halaqah dalam pembelajaran fiqih sangat mempengaruhi pengembangan kemampuan berfikir kritis. Hal ini dapat dlihat dari beberapa indikator kemampuan berfikir kritis yang dicapai oleh santri, yaitu: (1) Kemampuan mengenal dan memecahkan masalah, (2) Kemampuan menyintesis, (3) Kemampuan menganalisis, (4) Kemampuan mengevaluasi atau menilai, (5) Kemampuan menyimpulkan. Dalam konteks pembelajaran metode halaqah dapat menepis prejudice bahwa metode pembelajaran bersifat terbuka dan inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren Berfikir Kritis, Metode Halaqah, Pembelajaran Fiqih,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:35
Last Modified: 22 Aug 2016 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum