REVOLUSI MENTAL BERBASIS AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH KARYA-KARYA M. QURAISH SHIHAB)

IBNU KHIBBAN AL ILYAS, NIM. 12410026 (2016) REVOLUSI MENTAL BERBASIS AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH KARYA-KARYA M. QURAISH SHIHAB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REVOLUSI MENTAL BERBASIS AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH KARYA-KARYA M. QURAISH SHIHAB))
12410026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REVOLUSI MENTAL BERBASIS AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH KARYA-KARYA M. QURAISH SHIHAB))
12410026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

Ibnu Khibban Al Ilyas. Revolusi Mental Berbasis Al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam (Telaah Karya-Karya M. Quraish Shihab).Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya bangsa Indonesia mengalami dekadensi mental, dekadensi mental inilah yang sedang merasuki para guru terutama guru pendidikan agama Islam di Indonesia. Kesalahan guru yang paling utama adalah belum atau tidak bisa memberikan bekal dasar yang optimal kepada peserta didik, hal ini disebabkan karena rendahnya aspek keilmuan dan aspek akhlak seorang guru. Rendahnya dua aspek itulah yang nantinya tidak akan bisa ditularkan kepada peserta didik secara optimal. Untuk itu, penelitian ini mengangkat tema revolusi mental dalam rangka merubah secara besar-besaran kondisi mental manusia dari yang tidak baik menuju kepada yang baik. Revolusi mental yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah revolusi mental yang digagas oleh M. Quraish Shihab melalui karya-karyakaryanya. Ayat Al-Qur’an yang dijadikan sebagai acuan untuk menjalankan revolusi mental adalah Q.S. Ar-Ra’du ayat 11 dan Q.S. Al-Anfal ayat 53. Dari dua ayat inilah M. Quraish Shihab mengeluarkan gagasannya tentang isitlah mentalitas manusia dan bagaimana merevolusi mental manusia tersebut. tentunya peneliti mengetahui hal tersebut dengan menelaah karya-karya M. Quraish Shihab, karena itu penelitian ini diharapkan dapat menggali pengetahuan kita tentang revolusi mental berbasis Al-Qur’an dan mengimplikasikannya terhadap guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunkan pendekatan tematik. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam Al-Qur’an ada istilah yang memiliki persamaan makna dengan kata mental. Istilah tersebut adalah nafs, nafs inilah yang bisa melahirkan perbuatan positif atau perbuatan negatif. Revolusi mental adalah bagaimana memelihara nafs agar ketertarikan untuk melakukan perbuatan positif lebih besar daripada melakukan perbuatan negatif. Maka dari itu, perlu ada perhatian yang sangat besar untuk menjaga kesucian nafs. Ada beberapa syarat untuk memlihara nafs dalam konteks perubahan atau revolusi mental: 1). Meneguhkan nilai-nilai, 2). Memiliki iradah atau tekad yang kuat, 3). Memiliki kemampuan, baik kemampuan fisik maupun non-fisik. Dalam konteks revolusi mental guru pendidikan agama Islam, ada beberapa ayat Al-Qur’an yang dijadikan sebagai acuan sekaligus berimplikasi terhadap perilaku guru pendidikan agama Islam. Implikasi tersebut mencakup aspek keilmuan dan aspek akhlak seorang guru pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Revolusi Mental, PAI, M. QuraishShihab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:37
Last Modified: 22 Aug 2016 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum