PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

KHITOTUN NIKMAH, NIM. 12410037 (2016) PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA)
12410037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA)
12410037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

KHITOTUN NIKMAH. Penanaman Nilai Karakter dalam Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah peran sekolah sebagai tolok ukur terwujudnya karakter mulia pada diri siswa melalui suasana pembelajaran yang kondusif, nyaman, dinamis, dan ditegakkannya nilai dan norma yang berlaku. Termasuk dalam hal ini terwujudnya karakter kedisiplinan pada peserta didik. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang betindak kurang disiplin seperti membolos, tawuran, vandalisme, melakukan tindak kekerasan, melakukan berbagai pelanggaran baik dalam sekolah maupun luar sekolah, dan sebagainya. Sedang SMA Negeri 7 Yoyakarta memiliki keunggulan dalam penerapan dan pengembangan penanaman nilai karakter yaitu melalui proses pembelajaran, pembiasaan, peneladanan, pembudayaan dan perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan konsep penanaman nilai karakter yang diterapkan dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Yogyakarta, mendeskripsikan implementasi penanaman nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Yogyakarta, dan menganalisis implikasi penanaman nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Sumber data adalah Guru PAI dan peserta didik kelas XI dengan kriteria memiliki kedisiplinan tinggi dan rendah. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep penanaman nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Yogyakarta yaitu merupakan suatu usaha yang dilakukan seluruh guru dan seluruh komponen sekolah dalam membentuk siswa berakhlakul karimah. Dari konsep tersebut, terdapat hubungan erat antara konsep penanaman nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam yaitu tercermin dari materi Pendidikan Agama Islam dan dari proses pembelajarannya. 2) Implementasi konsep penanaman nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Yogyakarta, menggunakan dua cara yaitu intrakurikuler atau kegiatan akademik dan ekstrakurikuler. 3) Implikasi penanaman nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 7 Yogyakarta dapat disimpulkan yaitu mengalami peningkatan kedisiplinan. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan kedisiplinan atas subjek I, II, III, IV, V, dibanding dengan keadaan di jenjang sebelumnya. Sementara hanya subjek VI yang merasakan kestabilan atau tidak mengalami perbedaan antara di jenjang SMA dengan jenjang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S. Psi., MA.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Karakter, Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:42
Last Modified: 22 Aug 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum