ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER I MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MAN PAKEM TAHUN AJARAN 2015/2016

FAJRIATUN SELFIA, NIM. 12410042 (2016) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER I MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MAN PAKEM TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER I MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MAN PAKEM TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER I MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MAN PAKEM TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

FAJRIATUN SELFIA. Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester I Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MAN Pakem Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Evaluasi yang baik harus dapat meningkatkan proses dan hasil belajar mengajar, sehingga evaluasi yang diberikan harus memperhatikan kualitas tes yang baik. Tes dengan kualitas baik akan memiliki butir-butir soal yang baik. Berdasarkan hasil Ulangan Akhir Semester I mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI masih banyak siswa yang belum bisa mencapai KKM sebesar 75. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis terhadap kualitas butir soal. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas butir soal Ulangan Akhir Semester I mata pelajaran Akidah Akhlak apabila ditinjau secara kualitatif dan bagaimana kualitas butir soal Ulangan Akhir Semester I mata pelajaran Akidah Akhlak apabila ditinjau secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Pakem tahun ajaran 2015/2016 yang telah mengerjakan soal UAS I mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu berjumlah 131 responden. Untuk teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling, dengan mengambil 50% dari populasi sehingga peneliti mengambil 66 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melalui: Dokumentasi, Observasi, Analisis Data Kuantitatif yang berupa Validitas Empirik, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Item, Daya Pembeda Item, Fungsi Pengecoh. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) untuk kualitas butir soal seacara kualitatif dinyatakan sebanyak 8 butir (20%) soal pilihan ganda dikategorikan baik, 13 butir (32,5%) soal pilihan ganda dikategorikan kurang baik, dan 19 butir (47,5%) soal pilihan ganda dikategorikan tidak baik. Sedangkan untuk soal bentuk uraian sebanyak 4 butir (80%) dinyatakan diterima dengan kategori kurang baik, dan 1 butir (20%) soal dinyatakan ditolak dengan kategori tidak baik. (2) untuk kualitas butir soal secara kuantitatif dinyatakan: sebanyak 28 (62,2%) butir soal Ulangan Akhir Semester dinyatakan valid. Koefesien reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0,92, dan koefesien reliabilitas soal uraian sebesar 0,55. Tingkat kesukaran soal untuk kategori sedang/cukup sebanyak 22 butir (49%),untuk kategori mudah sebanyak 23 butir (51,1%), daya pembeda yang termasuk jelek sebanyak 9 butir, 13 butir termasuk cukup, 16 butir termasuk baik, 6 butir soal termasuk sangat baik, dan 1 butir soal bertanda negatif, dan baru 46,25% fungsi pengecoh yang dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kualitas butir soal secara kualitatif, kualitas butir soal secara kuantitatif, validitas, reliabilitas, derajat kesukaran, fungsi pengecoh
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:46
Last Modified: 22 Aug 2016 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum