UPAYA GURU BK DAN GURU PAI DALAM MENDETEKSI DINI DAN MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

SEPTIYANA MUNAWAROH, NIM. 12410046 (2016) UPAYA GURU BK DAN GURU PAI DALAM MENDETEKSI DINI DAN MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BK DAN GURU PAI DALAM MENDETEKSI DINI DAN MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA)
12410046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU BK DAN GURU PAI DALAM MENDETEKSI DINI DAN MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA)
12410046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Septiyana Munawaroh. Upaya Guru BK dan Guru PAI dalam Mendeteksi Dini dan Menanggulangi Perilaku Bullying Antar Siswa di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah mencari tahu bagaimana upaya guru BK dan guru PAI dalam mendeteksi dini dan menanggulangi perilaku bullying yang merebak di antara siswa di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Penelitian ini mengambil latar SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk bullying di kelompokan menjadi 3 yakni bullying fisik, bullying psikis, dan bullying verbal.(2) Upayadalam mendeteksi dini dan menaggulangi perilaku bullying. Upaya mendeteksi dini perilaku bullying yang dilakukan guru BK yaitu dengan pengamatan langsung kepada siswa, yaitu melihat keadaan siswa secara langsung dan mengamati tingkah laku siswa. Upaya guru BK dalam menaggulangi perilaku bullying yaitu dengan Identifikasi masalah; pemanggilan siswa; pemanggilan orang tua;konferensi kasus. Sedangkan upaya mendeteksi dini perilaku bullying yang dilakukan guru PAI, yaitu dengan melakukan kerjasama dengan warga sekolah lainnya baik guru, karyawan, maupun siswa, melakukan pengamatan langsung. Upaya guru PAI dalam menanggulangi perilaku bullying yakni :melakukan berbagai macam program kegiatan keagamaan baik saat pelajaran maupun di luar jam pelajaran (extrakurikuler). Seperti membaca Tadarus tiap pagi hari dengan dipimpin oleh guru yang pertama kali mengajar di jam pertama, menghafal surat-surat pendek, sholat Dzuhur berjamaah, extrakurikuler BATUHA, dan pengajian kelas tiap 1 semester. Faktor pendukungnya antara lain adanya kerjasama antar guru dan karyawan, dan pihak orang tua; adanya kesadaran antar siswa, adanya fasilitas yang mendukung.Faktor Penghambat. Diantaranya : tidak adanya ketidak kompakan antar guru dan karyawan dalam mengkoordinir anak, adanya anak yang membrontak tidak patuh terhadap orang tua, membolos saat extrakurikuler BATUHA,tidak adanya sarana dan prasarana yang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M. Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bullying, Bimbingan Konseling, Pendidikan Agama Islam, Mendeteksi, Menanggulangi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:47
Last Modified: 22 Aug 2016 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum