STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN DALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

KHASAN BISRI, NIM. 12410054 (2016) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN DALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN DALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
12410054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN DALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
12410054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)

Abstract

KHASAN BISRI. Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Merekonstruksi Materi Tentang Peperangan dalam Peradaban Islam di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam penulisan sejarah kebudayaan Islam hampir semua buku menuliskan tentang peperangan. Buku-buku pelajaran SKI di sekolah juga tidak terlepas dari materi tentang peperangan. Hal tersebut jika tidak disikapi secara tepat oleh guru dan siswa sangat berpotensi terjadi persepsi yang kurang tepat bahkan keliru. Maka perlu strategi yang tepat dari guru untuk menyampaikan materi tersebut agar siswa tidak salah persepsi terhadap peperangan dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan guru SKI menyampaikan materi tentang peperangan dalam peradaban Islam secara menarik, strategi guru SKI dalam merekonstruksi materi tentang peperangan, dan dampak bagi siswa ketika guru menyampaikan materi tentang peperangan dalam peradaban Islam secara menarik di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu dengan membandingkan data hasil wawancara dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru menyampaikan materi peperangan secara menarik karena materi peperangan sangat berpotensi membuat siswa bosan, jenuh, bahkan sama sekali tidak tertarik. Selain itu karena materi peperangan perlu disampaikan secara utuh kepada siswa, agar siswa tidak salah persepsi tentang hakekat perang dalam Islam. 2) Cara guru merekonstruksi materi peperangan dalam peradaban Islam adalah dengan menjelaskan kepada siswa konsep jihad dan dakwah terlebih dahulu, kemudian latar belakang terjadinya perang, nilai/‟ibrah/pesan moral yang dapat diambil dari peristiwa peperangan, kemudian menjelaskan berbagai fenomena/isu-isu aktual yang sedang terjadi akhir-akhir ini, lalu dihubungkan dengan materi peperangan tersebut. 3) Dampak bagi siswa ketika guru menyampaikan materi peperangan secara menarik dan menyenangkan dikelompokan menjadi dua, yaitu dampak secara kognitif dan dampak secara sikap. Secara kognitif pemahaman siswa tentang peperangan dalam peradaban Islam adalah bahwa Islam tidak pernah menyerang terlebih dahulu, peperangan yang terjadi hanyalah pilihan terakhir karena sudah tidak ada jalan lain lagi. Peperangan yang terjadi adalah berorientasi dakwah dan jihad. Sedangkan secara sikap siswa menjadi punya kesemangatan yang tinggi untuk belajar, punya keinginan dan target yang tinggi untuk berjihad memenangkan olimpiade-olompiade internasional masa kini, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dedikasi yang tinggi terhadap agamanya, serta punya niatan tulus untuk menjadi Muslim yang sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru SKI, Rekonstruksi Materi, Peperangan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 09:46
Last Modified: 22 Aug 2016 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum