PENGEMBANGAN BUKU AJAR PAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

SYAMSUDIN, NIM. 12410100 (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR PAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR PAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR PAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SYAMSUDIN. Pengembangan Buku Ajar PAI Dalam Proses Pembelajaran di SMP N 2 Kalasan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pemanfaatan berbagai sumber belajar yang ada di sekitar guru dan siswa di sana belum maksimal, karena para guru masih menggunakan satu sumber belajar yaitu LKS (Lembar Kerja Siswa) sehingga kompetensi belum tercapai. Guru seharusnya mengembangkan materi dari buku ajar dengan buku rujukan dan materi lain dari berbagai sumber, tidak hanya menyelesaikan satu buku. Selain itu, SMP N 2 Kalasan merupakan sekolah unggulan yang berstatus (A), namun fasilitas dalam menunjang proses pembelajaran PAI masih kurang, seperti alat peraga yang belum tersedia secara mamadai, laboratorium agama dan buku mengenai agama Islam yang tersedia masih kurang. Sekolah tersebut pernah memakai kurikulum 2013 sebelum diberhentikan sementara pada akhir tahun 2013 sehingga akan mempengaruhi pemilihan buku ajar yang tepat dalam proses pembelajaran. Peneliti ini bertujuan untuk mendiskripsikan buku ajar PAI yang tersedia di SMP N 2 Kalasasn dan mendiskripsikan apakah terdapat pengembangan buku ajar PAI dalam proses pembelajaran di SMP N 2 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil tempat penelitian SMP N 2 Kalasan. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan tringulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Buku ajar PAI berupa buku LKS Intensif. Kriteria pemilihan buku ajar tersebut meliputi harga buku terjangkau, materi buku ajar sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum, buku mudah didapat, manfaat buku ajar dan komponen buku yang sistematis. 2) Pengembangan buku ajar PAI dalam pembelajaran PAI melalui: a) Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan terbentuknya LKS Intensif yang berbeda tiap tahunnya. Pengembangan LKS Intensif teletak pada tampilan sampul, materi dan evaluasi. b) Pembentukan tim monitoring dan evaluasi (MONEV) yang bertugas mengawasi pembelajaran termasuk pemilihan buku ajar. c) Media online untuk menambah materi, memperdalam pemahaman dan menambah wawasan siswa. Guru tetap memantau siswa agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memahami materi yang didapatnya. d) Pengembangan materi seperti hokum bacaan Mad dan Waqaf dengan contohnya, materi iman kepada Rasul Allah dengan cerita singkat tentang mukjizat para Rasul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: pengembangan buku ajar, proses pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:04
Last Modified: 22 Aug 2016 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum