IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA LINGK BAGI SISWA DI SMP N 2 KALASAN NGAN

NOVI KHOIRUNNISA K, NIM. 12410107 (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA LINGK BAGI SISWA DI SMP N 2 KALASAN NGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA LINGK BAGI SISWA DI SMP N 2 KALASAN NGAN)
12410107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA LINGK BAGI SISWA DI SMP N 2 KALASAN NGAN)
12410107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)

Abstract

Novi Khoirunnisa K. Implementasi Program Adiwiyata dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Rasa Cinta Lingkungan bagi Siswa di SMP N 2 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa rendahnya pengetahuan masyarakat dalam memahami kondisi lingkungan alam di sekitarnya. Serta kelalaian manusia yang tidak serakah dan berlebihan dalam mengambil manfaat dari alam. Sehingga menyebabkan kerusakan yang semakin besar. Begitu pula kondisi SMP N 2 Kalasan sebelum menerapkan program adiwiyata. Image masyarakat dahulu SMP N 2 Kalasan adalah sekolah yang kumuh. Akan tetapi setelah diterapkan program adiwiyata anggapan tersebut berubah. Oleh karena itu, peneliti memandang perlu untuk meneliti implementasi program adiwiyata serta relevansi dengan PAI dalam meningkatkan rasa cinta siswa terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja macam kegiatan adiwiyata, implementasinya dan relevansinya terhadap PAI. Karena dalam Alquran dan Hadits banyak disinggung permasalahan tentang lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil data lapangan di SMP N 2 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi. Pendekatan ini dipilih karena mempelajari hubungan manusia dengan lingkungan alam sekitarnya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, lalu diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Uji Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Implementasi dari sepuluh kegiatan tersebut yaitu melalui kegiatan SMUTLIS, Jumat Terpadu, Piket Harian, Perawatan Greenhouse dan Toga, pengadaan slogan, pengadaan sanksi yang berkaitan dengan lingkungan. (2) Relevansi Program adiwiyata dengan PAI dalam meningkatkan rasa cinta lingkungan yaitu bahwa dasar hukum Islam sebagian banyak menjelaskan tentang esensi lingkungan dalam hidup manusia. Materi PAI tentang sifat tercela dan sifat terpuji yang nantinya diamalkan oleh siswa juga termasuk berkaitan dengan perilaku manusia terhadap lingkungan. Oleh karena itu, terdapat saling keterkaitan yang erat antara keduanya dalam membangun mindset yang lebih luas tentang esensi lingkungan dengan kehidupan siswa. (3) Capaian Implementasi program adiwiyata terlihat pada perubahan tingkah laku siswa yang sudah mulai dapat membiasakan diri hidup bersih dan tertib lingkungan di SMP N 2 Kalasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:13
Last Modified: 22 Aug 2016 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21718

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum