PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SD N KEMBANGSONGO TRIMULYO JETIS BANTUL (STUDI PADA KASUS MENSTRUASI PESERTA DIDIK KELAS IV-VI)

ANISAH BAHIRATURRAHMAH, NIM. 12410124 (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SD N KEMBANGSONGO TRIMULYO JETIS BANTUL (STUDI PADA KASUS MENSTRUASI PESERTA DIDIK KELAS IV-VI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SD N KEMBANGSONGO TRIMULYO JETIS BANTUL (STUDI PADA KASUS MENSTRUASI PESERTA DIDIK KELAS IV-VI))
12410124_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SD N KEMBANGSONGO TRIMULYO JETIS BANTUL (STUDI PADA KASUS MENSTRUASI PESERTA DIDIK KELAS IV-VI))
12410124_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ANISAH BAHIRATURRAHMAH. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Di SD N Kembangsongo Trimulyo Jetis Bantul (Studi Pada Kasus Menstruasi Peserta Didik Kelas IV-VI). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang menstruasi dan tidak adanya materi menstruasi pada kurikulum PAI untuk SD. Hal ini yang menyebabkan guru PAI harus melaksanakan perannya serta memiliki kreativitas dalam mengelola materi dan adanya rasa kepedualian terhadap peserta didik yang sudah mentruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pendidikan kesehatan reproduksi di SD N Kembangsongo Trimulyo Jetis Bantul terkait pada kasus menstruasi peserta didik kelas IV-VI dan menganalisis implikasi peran guru PAI dalam pendidikan kesehatan reproduksi terhadap sikap peserta didik dalam menghadapi menstruasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif dengan mengambil latar di SD N Kembangsongo Trimulyo Jetis Bantul. Sumber data adalah Guru PAI dan peserta didik kelas IV sampai VI yang sudah mengalami mentruasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir diberikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kecukupan refrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru PAI mampu melaksankan peran-peran guru dengan baik dan adanya peran tersebut sangat bermanfaat untuk peserta didik. Selanjutnya, tahap pemberian pendidikan kesehatan reproduski telah sampai pada tahap motivasi, yaitu mampu merubah sikap peserta didik sesuai yang diajarkan, meskipun dalam setiap tahapan belum tercapai secara maksimal. 2) Adanya peran guru PAI dalam pendidikan kesehatan reproduski terkait menstruasi mampu mempengaruhi sikap peserta didik. Peran guru PAI tersebut juga sebagai salah satu keadaan di luar individu yang termasuk dalam faktor eksternal dalam membentuk dan merubah sikap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S. Psi, MA
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI dan Menstruasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:31
Last Modified: 22 Aug 2016 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum