HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BINTANG PRADIPTA, NIM. 12410160 (2016) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410160_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410160_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bintang Pradipta. Hubungan antara Lingkungan Belajar dengan Minat Belajar PAI pada Siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah minat belajar dalam mata pelajaran PAI yang rendah. Minat belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal maupun eksternal, salah satunya lingkungan belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara lingkungan belajar dengan minat belajar PAI pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 157 siswa,dimana pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportionate stratified random, dengan jumlah sampel sebanyak 110 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas pada instrumen minat belajar PAI menunjukkan dari 45 butir soal terbukti valid, sedangkan pada instrumen lingkungan belajar terdapat 38 butir soal terbukti valid, dan 7 butir soal tidak valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,923 untuk minat belajar PAI dan 0.911 untuk lingkungan belajar dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat belajar PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval132-140, dengan mean sebesar 134.55 dan standar deviasi 12.046. (2) Lingkungan belajar kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 108-118, dengan mean sebesar 105.79 dan standar deviasi 10.804.(3) Ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara lingkungan belajar dengan minat belajar PAI. Dengan rhitung (0,697) rtabel (0,195) menunjukkan adanya korelasi positif.Angka sig. (2-tailed) 0,000, sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut sangat signifikan antara lingkungan belajar dengan minat belajar PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Minat Belajar PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:46
Last Modified: 22 Aug 2016 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum