KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DISABILITAS NETRA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS XI IPS 1 DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTAGEDE YOGYAKARTA

MUHAMMAD FURQON, NIM. 12410227 (2016) KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DISABILITAS NETRA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS XI IPS 1 DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DISABILITAS NETRA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS XI IPS 1 DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12410227_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DISABILITAS NETRA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS XI IPS 1 DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12410227_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Disabilitas Netra Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS I di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kelas inklusi yang diterapkan di SMA Muhammadiyah 4 Kotagede Yogyakarta. Kelas ini dimaksudkan untuk memberikan akses jenjang pendidikan SMA bagi penyandang disabilitas netra. Kelas ini juga dapat difungsikan untuk mengembangkan kecerdasan inter personal seluruh peserta didik yang ada di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 4 Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dilakukan dengan cara melakukan trianggulasi dengan mengambil dua sumber data dan kemudian dibandingkan. Hasil penelitian menunjukkan: Kecerdasan interpersonal peserta didik disabilitas netra di kelas XI IPS di mata guru adalah cukup, dan kecerdasan interpersonal peserta didik disabilitas netra di kelas XI IPS di mata peserta didik non disabilitas adalah bervariasi, serta kecerdasan interpersonal peserta didik disabilitas netra di kelas XI IPS di mata peserta didik disabilitas netra itu sendiri adalah baik . Metode yang diterapkan oleh guru di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dalam proses kegiatan belajar mengajar diantaranya, ceramah, diskusi tanya jawab, mendongeng, motivasi, permainan dan metode penugasan. Semua metode tersebut dapat diterima oleh semua peserta didik termasuk peserta didik disabilitas netra. Sedangkan media pembelajaran sebagai sarana pendukung diantaranya, audio visual, internet, Al-Quran Braile dan CD pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan inter personal, peserta didik disabilitas netra, metode, media.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 13:59
Last Modified: 22 Aug 2016 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum