KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TARIKH DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

NUR HALIMAH, NIM. 12410243 (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TARIKH DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TARIKH DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12410243_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TARIKH DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12410243_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)

Abstract

NUR HALIMAH. Kompetensi Pedagogik Guru Tarikh di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta . Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah guru sebagai learning managerberkewajiban menciptakan pembelajaran yang terarah dan teroganisir dengan baik, secara pedagogis kompetensi guru perlu mendapat perhatian yang serius.Yang menjadi permasalahan peneliti adalah kompetensi pedagogik guru Tarikh, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendsikripsikan tentang kompetensi pedagogik guru Tarikh dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan analisis deskriptif analitik yaitu menjabarkan dan menganalisis secara kritis fenomena di lapangan sehingga menghasilkan kesimpulan penelitian yang obyektif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kompetensi Pedagogik yang dimiliki guru Tarikh yaitu: Guru dapat memahami karakteristik peserta didik. Guru menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Guru terlibat dalam pengembangan kurikulum. Guru mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik. Guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Guru memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik berperan sebagai penyemangat, motivator dan aktif dalam kegiatan ekstra. Guru mampu berkomunikasi secara efektif dan santun. Guru mampu mengadakan evaluasi dan tindakan reflektif. (2) Upaya yang dilakukan pihak madrasah untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru Tarikh yaitu: Mengadakan pelatihan ustadz-ustadzah. Mengadakan evaluasi kinerja guru. Mengadakan seminar pendidikan. Mengikutsertakan guru dalam kegiatan TOT (Traning of Teach) yang diadakan Kemenag. Mengikutsertakan guru dalam seminar,diklat, workshop dan pelatihan-pelatihan. Upaya yang dilakukan oleh guru tarikh dalam meningkatkan kompetensi pedagogik yaitu: Mengikuti pelatihan-pelatihan. Mengadakan variasi dalam pembelajaran. Melakukan sharing dan tukar pengalaman dengan guru lain. Banyak membaca buku, khususnya tentang ilmu pendidikan dan Tarikh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.A.g.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, guru Tarikh.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:30
Last Modified: 22 Aug 2016 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum