INOVASI KEPALA MADRASAH MELALUI PENEGAKAN DISIPLIN PROAKTIF DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTS N YOGYAKARTA I

RESTI APRILIYASARI, NIM. 12410262 (2016) INOVASI KEPALA MADRASAH MELALUI PENEGAKAN DISIPLIN PROAKTIF DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTS N YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI KEPALA MADRASAH MELALUI PENEGAKAN DISIPLIN PROAKTIF DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTS N YOGYAKARTA I)
12410262_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (INOVASI KEPALA MADRASAH MELALUI PENEGAKAN DISIPLIN PROAKTIF DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTS N YOGYAKARTA I)
12410262_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

RESTI APRILIYASARI. Inovasi Kepala Madrasah melalui Penegakan Disiplin Proaktif dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa di MTs N Yogyakarta I. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa terdapat berbagai metode pendisiplinan yang digunakan di madrasah. Cara pendisiplinan yang digunakan tergantung pada kebijakan kepala madrasah dan biasanya identik dengan hukuman-hukuman fisik yang justru dapat menyebabkan trauma pada siswa. Sehingga diperlukan solusi baru yang lebih mendidik. Oleh karena itu kepala madrasah di MTs N Yogyakarta I membuat metode baru dalam membina kedisiplinan siswanya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan kedisiplinan siswa, bagaimana langkah-langkah dan hasil inovasi kepala madrasah, dan apakah yang menjadi faktor pendorong dan faktor penghambat inovasi kepala madrasah melalui penegakan disiplin proaktif dalam pembinaan kedisiplinan siswa di MTs N Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yang mengambil latar MTs N Yogyakarta I. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembinaan kedisiplinan siswa di MTs N Yogyakarta I menekankan adanya pemberian teladan dari kepala madrasah dan guru, serta dilakukan berdasarkan tiga indikator yaitu disiplin di dalam kelas, disiplin di luar kelas dalam lingkungan madrasah dan disiplin di rumah. (2) Langkah-langkah yang digunakan dalam penegakan disiplin proaktif siswa meliputi membuat sebuah pernyataan tujuan yaitu dengan memperbarui visi, menetapkan perilaku yang diharapkan yaitu merevisi tata tertib dan mensosialisasikan dengan cara yang inovatif, pembelajaran perilaku yang diharapkan dengan menerapkan metode latihan, mempertahankan perilaku yang diharapkan dengan pemberian teladan disertai pemberian penghargaan informal, memperbaiki perilaku yang bermasalah dengan pemberlakuan hukuman proaktif yang ditangani oleh tim kepemimpinan, adanya buku catatan khusus untuk pemantauan kedisiplinan, dan mempertahankan data untuk jangka panjang dengan penyegaran tim kepemimpinan dan pelaksanaan program sesuai peraturan KEMENAG. (3) Faktor pendorong berjalannya inovasi ini yaitu: adanya tim kepemimpinan, ketegasan dan keteladanan guru, sikap patuh dan keterbukaan siswa, pembangunan madrasah, pembinaan pengawas pendidikan, peran orang tua siswa, letak geografis madrasah, kerjasama madrasah dengan lembaga non formal. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: kepemimpinan guru/kepala madrasah yang otoriter, kesibukan kepala madrasah, kepribadian guru, sikap kurang objektif dari guru/kepala madrasah, dan latar belakang siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A.
Uncontrolled Keywords: inovasi, disiplin proaktif, pembinaan kedisiplinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:38
Last Modified: 22 Aug 2016 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum