PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA VIDEO FIKIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DEWI HALIMATUS SA’DIYYAH, NIM. 12410265 (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA VIDEO FIKIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA VIDEO FIKIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410265_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA VIDEO FIKIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410265_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DEWI HALIMATUS SA’DIYYAH. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Penggunaan Media Video Fikih terhadap Motivasi Bealajar Siswa Kelas X MAN Godean Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2015- 2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Media digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan memberikan kemudahan dan membantu peserta didik dalam belajar. Begitu juga dengan penggunaan media audio visual dalam bentuk video, media tersebut digunakan untuk memberikan kemudahan peserta didik memahami materi yang disampaikan. Jadi tidak semua materi dengan video, hanya beberapa materi saja yang sesuai.Siswa senang jika pembelajaran Fikih di kelas bervariatif, salah satunya yaitu dengan menggunakan video dalam pembelajaran. Sebagai contoh pada materi haji, siswa tidak hanya membayangkan bagaimana prosesi haji, namun dengan diberikannya video tentang pelaksanaan haji siswa mendapat gambaran bagaimana prosesi haji itu dan sekaligus mempraktikkannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional, karena bertujuan untuk mengungkap hubungan antara variabel. Variabel adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Godean sebanyak 164 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang didasarkan usulan dari guru Fikih atas pertimbangan sarana dan prasarana yang memadai di kelas tersebut dan karekteristik anak yang merupakan siswa dengan tingkat prestasi tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket teknik skala, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis komparatif dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh atau perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan media video Fikih terhadap motivasi belajar siswa MAN Godean pada kedua skala yang digunakan. Niali t hitung pada hasil output di atas menunjukkan angka sebesar 1, 855. Sementara t tabel dengan 27 responden pada taraf signifikansi 5% adalah 1,943 . Tabel tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih kecil dari pada t tabel (1,855 1,943). Berdasarkan tabel model summary, diketahui r atau nilai korelasi kedua variabel adalah 0,348. Nilai tersebut menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara penggunaan media video Fikih dengan motivasi belajar siswa (r hitung r tabel) = (0,3480,381). Sedangkan nilai r square atau koevisien determinasi pada penelitian ini adalah 0,121. Angka tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media video Fikih sebesar 12 % terhadap motivasi belajar siswa. Sementara sisanya, yaitu 88 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Media Video, Fikih, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:39
Last Modified: 22 Aug 2016 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum