PEMBELAJARAN “TAKHRIJUL HADITS” MELALUI APLIKASI KUTUBUTTIS’AH DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AGAMA MAN YOGYAKARTA I

WILDATI RACHMI FAISALICHA, NIM. 12410268 (2016) PEMBELAJARAN “TAKHRIJUL HADITS” MELALUI APLIKASI KUTUBUTTIS’AH DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AGAMA MAN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN “TAKHRIJUL HADITS” MELALUI APLIKASI KUTUBUTTIS’AH DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AGAMA MAN YOGYAKARTA I)
12410268_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN “TAKHRIJUL HADITS” MELALUI APLIKASI KUTUBUTTIS’AH DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AGAMA MAN YOGYAKARTA I)
12410268_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)

Abstract

WILDATI RACHMI FAISALICHA. Pembelajaran "takhrijul hadits" Melalui Aplikasi Kutubuttis’ah dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Agama MAN Yogyakarta 1. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah peran teknologi melalui software aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dalam proses pembelajaran termasuk aplikasi kutubuttis’ah, aplikasi tersebut digunakan guru sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran "takhrijul hadits" untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penggunaan aplikasi kutubuttis’ah dalam pembelajaran "takhrijul hadits" di kelas X MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran "takhrijul hadits" melalui aplikasi kutubuttis’ah, mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran "takhrijul hadits" melalui aplikasi kutubuttis’ah dan mengetahui problematika dalam penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan aplikasi kutubutis’ah pada pembelajaran takhrijul hadits di kelas X Agama MAN Yogyakarta 1 berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran takhrijul hadits melalui aplikasi kutubuttis’ah. 2) Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kutubuttis’ah mempunyai dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang peneliti ketahui bahwa hasil belajar dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik dapat meningkat dilihat dari nilai ulangan harian, keaktifan, kemampuan unjuk kerja siswa, maupun sikap siswa dalam kehidupan sehari-hari. dari ranah kognitif peningkatan hasil belajar siswa bisa dilihat dari daftar nilau ulangan 1 dan ulangan 2. Rata-rata untuk ulangan harian 1 adalah 85,76. Sedangkan rata-rata untuk ulangan harian 2 adalah 88,76. 3) Problematika yang dihadapi antara lain ada beberapa siswa yang belum mempunyai basic kemampuan dalam membaca hadits, dan kendala teknis seperti matinya listrik ketika pembelajaran. Solusinya adalah Pak Suyanto menyiapkan dengan baik hal-hal teknis yang diperlukan dalam pembelajaran. kedua, pak Suyanto memberikan bimbingan kepada siswa dengan latar belakang sekolah umum berupa pembelajaran baca tulis Qur’an terhadap siswa yang membutuhkan bimbingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media aplikasi kutubuttis’ah, Takhrijul Hadits
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:42
Last Modified: 22 Aug 2016 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21747

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum