PERAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS N PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

Suhaji NIM. 04471149, (2009) PERAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS N PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam apa saja peran yang dilakukan Bimbingan Konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Pakem dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Bimbingan Konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui langkah-langkah apa sajakah yang dilakukan Bimbingan Konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTs Negeri Pakem. Teknik pengumpulan data peneliti lakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi serta angket untuk siswa. Analisis data yang peneliti lakukan menggunakan analisis deskriptik analitik. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Bahwa peran bimbingan konseling di MTs Negeri Pakem sangatlah penting karena BK mempunyai andil dalam menciptakan kesejahteraan sekolah dan juga mempunyai andil dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Peran BK mempunyai posisi yang cukup sentral di MTs Negeri Pakem. 2). Program bimbingan konseling di MTs Negeri Pakem sudah termasuk cukup baik dalam perencanaan programnya. 3) Faktor yang mendukung dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs N Pakem adalah : Faktor interen disebabkan oleh jiwa anak itu sendiri apakah labil atau tidak, dan motivasi belajar siswa juga mempengaruhi prestasi belajar siswa, sedangkan faktor eksteren dapat disebabkan dari tenaga pengajar yang memang sudah dari cukup untuk penunjang belajar siswa. 4) Kendala BK yang ada di MTs N Pakem diantaranya: a. Sulitnya siswa untuk diajak berkomunikasi sesuai dengan keinginan guru BK. b. Sarana dan prasarana yang belum lengkap untuk sampai pada tingkat ideal. c. Kendala lain yang ada di MTs Negeri Pakem adalah tentang struktur kerja guru BK, masalah tersebut berupa belum fahamnya guru-guru tentang fungsi BK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Asnafiyah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Konseling, Prestasi, Belajar, Siswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item View Item