PERBANDINGAN ANALISIS PENGOPTIMALAN RISIKO INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN MODEL GENERALISASI PROSES WIENER DAN MODEL GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (GARCH)

NOVIYANI ROSMANINGRUM, NIM. 08640014 (2016) PERBANDINGAN ANALISIS PENGOPTIMALAN RISIKO INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN MODEL GENERALISASI PROSES WIENER DAN MODEL GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (GARCH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN ANALISIS PENGOPTIMALAN RISIKO INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN MODEL GENERALISASI PROSES WIENER DAN MODEL GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (GARCH))
12610040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN ANALISIS PENGOPTIMALAN RISIKO INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN MODEL GENERALISASI PROSES WIENER DAN MODEL GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (GARCH))
12610040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Terdapat risiko yang perlu diperhatikan dalam investasi saham. Penelitian ini menggunakan data time series yang bersifat stokastik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Generalisasi Proses Wiener. Penelitian ini juga menggunakan model Generalized Autoregressive Conditional Heteroskidesticity (GARCH), untuk menghindari masalah heteroskidestisitas. Penelitian ini menggunakan Value at Risk (VaR) dalam mengestimasi risiko investasi. Sehingga dalam penelitian ini digunakan VaR-Wiener dan VaR-GARCH yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam analisis risiko, menghitung besar risiko investasi, dan membandingkan model mana yang terbaik antara VaR-Wiener dan VaR-GARCH. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jakarta Islamic Index (JII) periode 1 Januari 2014-31 Maret 2016. Alat bantu analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah software eviews dan microsoft excel. Analisis data yang dilakukan bertujuan untuk mencari model estimasi yang terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika berinvestasi sebesar Rp 10.000.000,00 model VaR-Wiener lebih besar nilai risikonya dibanding dengan VaR-GARCH. Untuk model GARCH diperoleh model terbaik yaitu VaRGARCH( 1,1) dengan besar risiko minimal (0,375%) Rp 37.526,00. Sedangkan untuk keuntungan yang akan diperoleh adalah sebesar 0,0165%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Farhan Qudratullah S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: Heterokedasticity, Return, Value at Risk (VaR), Volatilitas
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Aug 2016 15:39
Last Modified: 23 Aug 2016 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21764

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum