PENGARUH BUKU PENGAYAAN KOMPENDIUM AL QUR’ANMATAPELAJARAN KIMIA UNTUK MADRASAH ALIYAH TERHADAP PENGETAHUAN KEISLAMAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIFPESERTA DIDIK KELAS XI MAN WONOKROMO TAHUN AJARAN 2015/2016

AHMAD MUKHLAS, NIM. 11670033 (2016) PENGARUH BUKU PENGAYAAN KOMPENDIUM AL QUR’ANMATAPELAJARAN KIMIA UNTUK MADRASAH ALIYAH TERHADAP PENGETAHUAN KEISLAMAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIFPESERTA DIDIK KELAS XI MAN WONOKROMO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BUKU PENGAYAAN KOMPENDIUM AL QUR’ANMATAPELAJARAN KIMIA UNTUK MADRASAH ALIYAH TERHADAP PENGETAHUAN KEISLAMAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIFPESERTA DIDIK KELAS XI MAN WONOKROMO TAHUN AJARAN 2015/2016)
11670033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BUKU PENGAYAAN KOMPENDIUM AL QUR’ANMATAPELAJARAN KIMIA UNTUK MADRASAH ALIYAH TERHADAP PENGETAHUAN KEISLAMAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIFPESERTA DIDIK KELAS XI MAN WONOKROMO TAHUN AJARAN 2015/2016)
11670033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mempunyai dua tujuan. Tujuan yang pertama adalah untuk mengetahui pengaruh buku pengayaan kompendium Al Qur’an terhadap pengetahuan keislaman peserta didik. Tujuan yang kedua untuk mengetahui pengaruh buku pengayaan kompendium Al Qur’an terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas XI MIA MAN Wonokromo tahun ajara 2015/2016. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Wonokromo Bantul, Yogyakarta pada peserta didik kelas XI MIA semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pemberian buku pengayaan kompendium Al Qur’an, sedangkan pada kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa soal objektif berupa pilihan ganda dan nontes berupa angket pengetahuan keislaman (integrasi-interkoneksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku pengayaan kompendium Al Qur’an berpengaruh terhadap pengetahuan keislaman (integrasiinterkoneksi) peserta didik yang dianalisis dengan uji t dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) 0,038 dan n-gain angket dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya pengetahuan keislaman peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada peserta didik di kelas kontrol. Selain itu, penggunaan buku pengayaan kompendium Al Qur’an juga berpengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik yang dianalisis dengan uji hipotesis melalui uji Mann Whitney U dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) 0,001 dan n-gain tes dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya kemampuan kognitif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: buku kompendium Al Qur’an, pengetahuan keislaman, kemampuan kognitif
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Sep 2016 10:44
Last Modified: 21 Sep 2016 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21768

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum