STUDI KAJIAN IMPLEMENTASI KONSEP ADIWIYATA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

WULANTIKA VIRGINIA, NIM. 12670006 (2016) STUDI KAJIAN IMPLEMENTASI KONSEP ADIWIYATA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KAJIAN IMPLEMENTASI KONSEP ADIWIYATA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
12670006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI KAJIAN IMPLEMENTASI KONSEP ADIWIYATA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
12670006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program Adiwiyata merupakan program yang disusun pemerintah dalam dunia pendidikan dengan tujuan mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. SMA Negeri 2 Banguntapan merupakan sekolah yang telah menerapkan program Adiwiyata. Kesuksesan pelaksanaan program adiwiyata ditentukan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu pemahaman konsep adiwiyata pada seluruh aspek sekolah dan internalisasi konsep adiwiyata khususnya pada pembelajaran kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji konsep mata pelajaran kimia berwawasan lingkungan di SMA Negeri 2 Banguntapan. Selain itu, penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi mata pelajaran kimia berwawasan lingkungan di SMA Negeri 2 Banguntapan. Penelitian implementasi konsep adiwiyata pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 2 Banguntapan merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode eksplorasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah teknik triangulasi dan member check untuk mendapatkan kesesuaian antara konsep dan implemetasi program adiwiyata khususnya pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Banguntapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep mata pelajaran kimia berwawasan lingkungan diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas (indoor) dan di luar kelas (outdoor). Implementasi mata pelajaran kimia berwawasan lingkungan di SMA Negeri 2 Banguntapan sudah baik. Implementasi mata pelajaran kimia berwawasan lingkungan di dalam kelas (indoor) dilaksanakan dengan melakukan pemecahan masalah dengan menggunakan konsep kimia. Selain itu, implementasi mata pelajaran kimia berwawasan lingkungan di dalam kelas (outdoor) dilaksanakan dengan melakukan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai laboratorium pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc,
Uncontrolled Keywords: program adiwiyata, mata pelajaran kimia, pembelajaran kimia berbasis lingkungan
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Aug 2016 09:14
Last Modified: 24 Aug 2016 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21772

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum