PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTU ASKING CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS XI MATERI LARUTAN PENYANGGA

RENI RANTIKA, NIM. 12670012 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTU ASKING CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS XI MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTU ASKING CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS XI MATERI LARUTAN PENYANGGA)
12670012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTU ASKING CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS XI MATERI LARUTAN PENYANGGA)
12670012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran kimia yang efektif dan lebih bermakna apabila peserta didik dilibatkan secara langsung dan berperan aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan menempatkan peserta didik sebagai subjek pembelajaran dan guru sebagai pengelola pembelajaran. Pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan peserta didik hanya sebagai penerima informasi sehingga cendrung lebih pasif dan kurang mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) diharapkan peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kerjasama dalam memecahkan masalahnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran SSCS berbantu asking card terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, (2) pengaruh model pembelajaran SSCS berbantu asking card terhadap kerjasama peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) serta variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif dan kerjasama peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MAN Yogyakarta II semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara test dan observasi kerjasama. Teknik analisis data menggunakan uji independent sampel t-test dan uji Mann withney. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig (2-tailed) dari uji t < 0,05 yaitu sebesar 0,022. (2) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran SSCS terhadap kerjasama peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig (2-tailed) dari uji Mann withney < 0,05 yaitu sebesar 0,001.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si,
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Aug 2016 09:28
Last Modified: 24 Aug 2016 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum