ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

INAS FATHIMAH, NIM. 12670031 (2016) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
12670031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
12670031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan kajian analisis keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada kegiatan praktikum siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian deskriptif yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains pada praktikum kimia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, hasil belajar kimia siswa, dan kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan praktikum kimia. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru kimia, siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3, dan laboran kimia. Objeknya adalah praktikum kimia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Pengumpulan data keterampilan proses sains menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen, sedangkan data hasil belajar kimia siswa dengan analisis dokumen. Adapun data kendala-kendala pada pelaksanaan praktikum dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan sebelum di lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan menggunakan deskriptif kualitatif untuk wawancara dan dokumen serta deskriptif kuantitatif untuk observasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber, diskusi teman sejawat, serta membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada praktikum kimia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dapat dikategorikan baik dengan rerata persentase 66,53% dan 71,22%, sedangkan hasil belajar kimia siswa masih dikatakan rendah dengan persentase 9,85% siswa yang tuntas KKM. Kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan praktikum meliputi kesulitan menggunakan alat, menafsirkan data hasil penelitian, dan kurang aktifnya siswa dalam kegiatan praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal, M.Si,
Uncontrolled Keywords: praktikum kimia, keterampilan proses sains, dan hasil belajar kimia.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Aug 2016 13:43
Last Modified: 25 Aug 2016 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21786

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum