PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY MATERI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1

FATIHAH HUSNIYAH, NIM. 12670042 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY MATERI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY MATERI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1)
12670042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY MATERI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1)
12670042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (767kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian yang dilakkan bertujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan produk serta meneliti kualitas buku petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry materi laju reaksi untuk SMA/MA kelas XI Semester 1. Penilaian kualitas produk berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan pendidik kimia SMA/MA serta respon dari peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D) yang terdiri atas 4 tahap yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini terbatas sampai tahap tiga yaitu development. Pengembangan buku petunjuk praktikum mendapatkan masukan dari seorang dosen pembimbing, seorang ahli materi, seorang ahli media, tiga orang peer reviewers, empat orang pendidik kimia, dan 20 peserta didik kimia. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum. Karakterisik buku petunjuk praktikum kimia yang dikembangkan antara lain berisi lima praktikum berbasis green chemistry yang setiap praktikum terdiri atas kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, apersepsi, tujuan praktikum, dasar teori, alat dan bahan, cara kerja, data pengamatan, diskusi, kesimpulan, green chemistry, dan informasi kimia. Selain itu, buku petunjuk praktikum ini disertai dengan gambar alat-alat praktikum dan kegunaannya, gambar simbol berbahaya, dan glosarium. Hasil penelitian menunujukkan bahwa buku petunjuk praktikum kimia yang dikembangkan menurut penilaian ahli materi diperoleh persentase keidealan 80% dan kualitas Baik (B) sedangkan menurut penilaian ahli media diperoleh persentase keidealan 96% dan kualitas Sangat Baik (SB). Menurut pendidik kimia SMA/MA diperoleh persentase keidealan 87,95% dan kualitas Sangat Baik (SB) dan respon dari 20 peserta didik kelas XI SMA/MA diperoleh persentase keidealan 96,43%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nina Hamidah, MA dan Karmanto,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Petunjuk Praktikum, Praktikum Kimia, Green Chemistry, Laju Reaksi.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Aug 2016 14:08
Last Modified: 25 Aug 2016 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum