PERANCANGAN MODEL AUTOMATIC GUIDE VEHICLE (AGV) BERBASIS ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK PENERAPAN OTOMASI PENANGANAN MATERIAL PADA INDUSTRI MANUFAKTUR (STUDI KASUS PT.INDOKARLO PERKASA)

AAN NURDIYANTO, NIM. 10660013 (2016) PERANCANGAN MODEL AUTOMATIC GUIDE VEHICLE (AGV) BERBASIS ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK PENERAPAN OTOMASI PENANGANAN MATERIAL PADA INDUSTRI MANUFAKTUR (STUDI KASUS PT.INDOKARLO PERKASA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN MODEL AUTOMATIC GUIDE VEHICLE (AGV) BERBASIS ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK PENERAPAN OTOMASI PENANGANAN MATERIAL PADA INDUSTRI MANUFAKTUR (STUDI KASUS PT.INDOKARLO PERKASA))
10660013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN MODEL AUTOMATIC GUIDE VEHICLE (AGV) BERBASIS ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK PENERAPAN OTOMASI PENANGANAN MATERIAL PADA INDUSTRI MANUFAKTUR (STUDI KASUS PT.INDOKARLO PERKASA))
10660013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kunci pokok dalam otomasi proses manufaktur adalah penanganan material (Bijanrostami, 2011). Hal ini membuat penanganan material merupakan hal penting untuk diperhatikan, sama halnya dengan PT.Indokarlo Perkasa. PT.Indokarlo Perkasa merupakan perusahaan yang memproduksi komponen karet untuk industri otomotif dan non otomotif. PT.IKP memiliki 120 mesin press sehingga membuat penangan material handling cukup tinggi, permasalahan yang ada adalah penanganan material handling yang masih manual yaitu dengan trolley di bantu dengan bantuan tenaga manusia, maka dari itu untuk mengurangi tenaga manusia yang dipakai dan memperlacar dalam penanganan material handling diperlukan penelitian mengenai penanganan material otomasi. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan salah satu alat penanganan material yaitu Automatic Guide Vehicle Berbasis Robot line follower sebagai usulan kepada perusahaan. Hasil penelitian yang dilakakan adalah Automatic Guide Vehicle yang dirancang menggunakan model Line Follower berbasis mikrokontroler Arduino Uno dengan dilengkapi 2 buah motor DC, motor driver, power, 3 buah sensor garis dan 1 sensor ultrasonic dan didapatkan hasil bahwa model kendaraan AGV mampu berjalan mendeteksi garis pandu yang dibuat dengan kemampuan di mampu berjalan dijalan lurus, dan tikungan. Kendaran AGV juga memiliki kemampuan menhindari halangan dengan cara berhenti jika ada halangan di depan kendaraan (AGV)dengan jarak 7cm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Taufiq Aji, M.T
Uncontrolled Keywords: Automatic Guide Vehicle, AGV, Arduino Uno, Line Follower.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:44
Last Modified: 25 Aug 2016 07:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21792

Actions (login required)

View Item View Item