PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS DALAM AL-QUR’AN (SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)

ACHMAD MUJIB ROMADLON, NIM. 11530047 (2016) PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS DALAM AL-QUR’AN (SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS DALAM AL-QUR’AN (SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED))
11530047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS DALAM AL-QUR’AN (SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED))
11530047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini muncul jarak antara yang diidealkan al-Qur‟an dengan kondisi realitas kontemporer. Hal ini di respon oleh Abdullah Saeed untuk menggagas sebuah pendekatan baru terhadap al-Qur‟an, dengan istilah "pendekatan kontekstualis". Pendekatan ini fokus terhadap ayat-ayat yang bermuatan hukum. Salah satunya adalah ayat qisas yang terdapat pada QS. al-Baqarah (2): 178-179 dan QS. al-Maidah (5): 45. Wacana spesifik kontemporer terkait qisas adalah penghapusan hukuman mati. Pendekatan kontekstualis digunakan untuk memahami ayat qisas dalam masa pewahyuan (konteks makro 1) dan masa kekinian (konteks makro 2). Langkah pendekatan kontekstualis terbagi atas 4 fase: 1) Perjumpaan dengan dunia teks; 2)Analisa Kritis; 3)Makna bagi penerima pertama; 4) Aktualisasi prinsip makna untuk saat ini. Prinsip yang didapatkan kemudian dideduksikan sesuai hierarkhi nilai yang disusun Saeed, yaitu: nilai wajib, nilai fundamental, nilai proteksional, nilai implementasional, dan nilai instruksional. Pendekatan kontekstual memiliki pondasi yang selayaknya dipahami baikbaik sebelum dilakukannya aplikasi penelitian. Yaitu: 1)Wahyu, adanya partisipasi aktif Nabi dalam penyampaiannya; 2)Fleksibilitas makna, interpretasi tidak bermakna absolut; 3)Naskh dan reinterpretasi, dipahami sebagai perkembangan hukum bukan penghapusan hukum; 3)Taksiran makna, interpretasi merupakan prediksi yang tidak mutlak; 4)Kompleksitas Makna, al-Qur‟an sebagai bahasa juga wacana; 6)Sosiohistoris, struktur-sistem Hijaz abad 7 M. 5) Etika hukum dan hierarkhi nilai, fokus ayat yang berbasis hukum untuk dirumuskan secara ideal-moral. Konsep qisas dalam fiqih menghasilkan prinsip „sama‟ (al-qawwad) yang dikembangkan dalam beberapa turunan hukumnya seperti: sama dalam status sosial masyarakat, sama dalam jumlah pelaku maupun korban, dan sama dalam luka yang harus dibalaskan. Pendekatan kontekstual guna merespon wacana penghapusan hukuman mati terkait dengan ayat qisas tersebut kemudian dibahas melalui: Analisa kritis QS. al- Baqarah (2): 178-179 menuju QS. al-Maidah (5): 45 dengan menggunakan nalar naskh yang dipahami sebagai graduasi bukan penggantian. Hasilnya adalah Konteks makro 1: qisas merupakan konsep keadilan dalam wujud graduasi hukum yang disesuaikan dengan masyarakat Hijaz. Ayat qisas tergolong nilai implementasional, karena pada dasarnya aturan qisas masih mempertimbangkan konteks budaya abad 7 M. Dan berfungsi sebagai terapan dari nilai perlindungan masyarakat untuk tidak melakukan pembunuhan. Sedangkan pada Konteks makro 2: konsep qisas dalam arti sama (retribusi) tidak bisa dipertahankan sepenuhnya, (terutama sama dalam arti status sosial). Perkembangan wacana kontemporer menuju humanisme hendaknya disikapi secara kompromi, karena pada qisas dalam konteks masa pewahyuan juga menyeimbangkan terhadap kondisi sosialnya. Maka, fokus pidana qisas yang terpusat pada korban juga turut beradaptasi pada realitas sekarang, dengan konsep keadilan resporatif untuk mengakui hak hidup pelaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ahmad Rafiq, Ph.D
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:34
Last Modified: 26 Aug 2016 01:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21804

Actions (login required)

View Item View Item