TAREKAT SEBUAH SOLUSI ALTERNATIF MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI PADA JAMAAH TAREKAT NAQSABANDIYAH KHALIDIYAH DI PONPES DARUL ULUM TURI PANEKAN MAGETAN)

CHOIRUL DAROJI, NIM. 1320311052 (2016) TAREKAT SEBUAH SOLUSI ALTERNATIF MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI PADA JAMAAH TAREKAT NAQSABANDIYAH KHALIDIYAH DI PONPES DARUL ULUM TURI PANEKAN MAGETAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAREKAT SEBUAH SOLUSI ALTERNATIF MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI PADA JAMAAH TAREKAT NAQSABANDIYAH KHALIDIYAH DI PONPES DARUL ULUM TURI PANEKAN MAGETAN))
1320311052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TAREKAT SEBUAH SOLUSI ALTERNATIF MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI PADA JAMAAH TAREKAT NAQSABANDIYAH KHALIDIYAH DI PONPES DARUL ULUM TURI PANEKAN MAGETAN))
1320311052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan bagi umat manusia adalah sesuatu yang sangat sakral serta mempunyai tujuan yang sakral pula dan tidak lepas dari ketentuan yang ditetapkan syariat agama. Tujuan utama pernikahan adalah untuk membentuk keluarga yang bahagia yang penuh ketenangan cinta dan rasa kasih sayang. Tapi untuk saat ini keluarga tidak lagi dilihat sebagai sebuah ikatan spiritual yang menjadi medium ibadah kepa sang pencipta. Kawin-cerai hanya dilihat sebatas proses formal sebagai kontrak sosial antara dua insan yang berbeda jenis kelamin. perkawinan menjadi kehilangan makna sakral dimana Allah menjadi saksi atas akad yang terjadi. Itu karena orang-orang sudah sangat kering akan spiritualitas. Indikator kesakinahan-pun banyak dinilai dari segi materi yang padahal faktor ruhani lebih menentukan. Maka dari itu penyusun tertarik meneliti keluarga yang punya nilai lebih dalam hal keruhaniahan, yaitu keluarga yang bertarekat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implikasi ajaran tarekat terhadap kesakinahan keluarga. Sedangkan teori dalam tesis ini menggunakan teori kecerdasan spiritual. Penelitian tesis ini merupakan penelitian lapangan. Sifat penelitiannya adalah deskriptif-analisis. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dan pendekatan psikologi. Di dalam metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara. Yang mana sumber primernya adalah mursyid dan juga murid tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah, sedangkan sumber sekundernya berupa referensi yang berkaitan dengan kajian, baik dalam berntuk buku, maupun jurnal. Kemudian penelitian ini dianalisis secara deskriftif-kualitatif dengan menggunakan teori yang sesuai. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa perkawinan mengandung komitmen ilahi dan juga mengandung komitmen insani serta kontrak sosial. Pelaksanaan dan fungsi dalam keluarga tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah berjalan sebagaimana keluarga pada umunya, ajaran pada tarekat sama sekali tidak mempunyai pengaruh negatif dalam keluarga, karena tarekat menekankan pada peningkatan spiritual seseorang. Artinya tarekat bisa menjadi solusi aternatif dalam permbentukan keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Khoruddin Nasution, MA
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Aug 2016 10:54
Last Modified: 26 Aug 2016 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item View Item