PEMBACAAN YASIN FADHILAH DI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM, YOGYAKARTA ( STUDI ANALISIS PRAKTIK DAN MAKNA)

RINI ROFALIA, NIM. 12530034 (2016) PEMBACAAN YASIN FADHILAH DI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM, YOGYAKARTA ( STUDI ANALISIS PRAKTIK DAN MAKNA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN YASIN FADHILAH DI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM, YOGYAKARTA ( STUDI ANALISIS PRAKTIK DAN MAKNA))
12530034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN YASIN FADHILAH DI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM, YOGYAKARTA ( STUDI ANALISIS PRAKTIK DAN MAKNA))
12530034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Banyak sekali praktik-praktik keagamaan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Mulai dari praktik yang dilakukan turun temurun berdasarkan budaya setempat, ada juga yang merupakan praktik keagamaan yang digunakan sebagai ciri khas dari suatu tempat ataupun lembaga tertentu. Adapun itu terjadi karena banyaknya umat Islam di Indonesia dan juga beragamnya madzhab yang digunakan oleh setiap muslim. Sehingga apa yang dilakukan adalah hasil dari penafsiran berdasarkan budaya, latar belakang, hingga letak geografis setempat yang kemudian mempengaruhi sebuah penafsiran tersebut. Penelitian ini membahas mengenai tradisi pembacaan al-Qur’an yang mana melahirkan praktik-praktik sosial keagamaan yang menunjukkan kepada resepsi masyarakat tertentu terhadap al-Qur’an. Berkenaan dengan resepsi masyarakat terhadap pembacaan surat Yasin pada umumnya, dalam penelitian ini penulis akan mencoba memaparkan tentang praktik pembacaan Yasin Fadhilah yang ada di asrama al-Hikmah Pondok Pesantren Wahid Hasyim, Yogyakarta. Yang sangat intens dalam mengamalkan Yasin Fadhilah, Yasin Fadhilah sendiri adalah bacaan surat Yasin yang telah diberi beberapa macam campuran do’a, shalawat, dan dzikir. Tulisan ini fokus kepada bagaimana praktik pembacaan Yasin Fadhilah di asrama al-Hikmah, serta bagaimana makna praktik Yasin Fadhilah tersebut bagi para pelaku baik dari santri, pengurus, juga kepada pengasuh. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dan bertempatan di lokasi Jalan Wahid Hasyim Yogyakarta, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan dan non-partisipan, interview (wawancara), dan dokumentasi. Kemudian hasil yang penulis dapat dari hasil penelitian Pembacaan Yasin Fadhilah yaitu pertama, Yasin Fadhilah merupakan suatu amalan, yang terdiri dari wirid, do’a, dan shalawat, kegiatan ini dilaksanakan secara berjama’ah diikuti oleh seluruh santri purti al-Hikmah, dan dilaksanakan setiap malam setelah shalat maghrib dan diimami oleh salah satu satri senior. Kedua, yang dibaca secara umum adalah Yasin Fadhilah yaitu surat Yasin yang ditambah dengan do’a dan shalawat yang mana sudah ditentukan dari penerbitnya Bintang Terang Surabaya. Selain itu dengan adanya budaya dalam pembacaan Yasin Fadhilah, penulis berusaha menggabungkan praktik dan maknanya dengan teori yang di tawarkan oleh Karl Mannheim, dengan teori sosiologi pengetahuan. Yang mengusung tiga kategori makna, makna obyektif sebagai bentuk kewajiban yang telah ditentukan, makna ekspresif, sebagai bentuk pembelajaran, dan ketenangan jiwa, kemudian makna dokumenter yaitu sebagai suatu kebudayaan yang menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurun Najwah, M. Ag.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:17
Last Modified: 26 Aug 2016 04:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21823

Actions (login required)

View Item View Item