PENAFSIRAN KH. BISRI MUSTAFA ATAS AYAT- AYAT JIHAD (TELAAH ATAS KITAB TAFSIR AL- IBRĪZ LI MA’RIFATI TAFSĪR AL- QUR’ĀN AL- ‘AZĪZ )

BAHRI NI’MAH, NIM. 12530037 (2016) PENAFSIRAN KH. BISRI MUSTAFA ATAS AYAT- AYAT JIHAD (TELAAH ATAS KITAB TAFSIR AL- IBRĪZ LI MA’RIFATI TAFSĪR AL- QUR’ĀN AL- ‘AZĪZ ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN KH. BISRI MUSTAFA ATAS AYAT- AYAT JIHAD (TELAAH ATAS KITAB TAFSIR AL- IBRĪZ LI MA’RIFATI TAFSĪR AL- QUR’ĀN AL- ‘AZĪZ ))
12530037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN KH. BISRI MUSTAFA ATAS AYAT- AYAT JIHAD (TELAAH ATAS KITAB TAFSIR AL- IBRĪZ LI MA’RIFATI TAFSĪR AL- QUR’ĀN AL- ‘AZĪZ ))
12530037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Ajaran pokok agama Islam yang termaktub dalam al- Qur’an salah satunya adalah mengenai jihad, jihad adalah sebuah kata yang sering diungkapkan belakangan ini. Jihad sering diperbincangankan dimedia masa dan buku- buku akademis. Melalui al-Qur’an petunjuk ayat tentang ajaran jihad diungkapkan dengan berbagai term yaitu al-jihad, al-qital, al-harb, al-ghazw, dan an-nafr. Pengungkapan jihad dalam al-Qur’an melalui term-term tersebut dalam perkembangan pemikiran Islam cukup berpengaruh terhadap pemahaman substansi jihad. Sehingga, jihad seringkali disalahpahami dan dipahami secara parsial. Pemahaman jihad sebagai perang melawan orang-orang non-Muslim sangat dominan dan melekat dalam pemahaman masyarakat. Pemahaman jihad idetik dengan perang suci (holy war). Pengertian jihad secara bahasa adalah " kesunguhan" atau " kekuatan", dalam terminologi Islam, kata jihad diartikan sebagai perjuangan secara bersungguh- sungguh mengerahkan segala potensi dan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai tujuan, khusunya untuk melawan atau di dalam mempertahankan kebenaran, kebaikan dan keluhuran dengan mengharap Ridha Allah. Jelas dari definisi tersebut jihad adalah perbuatan yang semata-ssmata bertendensi mencari keridhaan Allah SWT, maka makna jihad sungguh sangat luas dan dinamis. KH. Bisri Mustafa adalah seorang ulama salafiyah yang terkenal kemoderatanya. Pemikiran-pemikirannya bisa disebut kontekstual sesuai zamanya. Beliau berusaha mengedepankan kemaslahatan dan kebaikan umat Islam yang disesuaikan dengan kondisi, sosial, dan masyarakatnya. Skripsi yang berjudul PENAFSIRAN KH. BISRI MUSTOFA ATAS AYAT- AYAT JIHAD (Telaah Atas Kitab Tafsir al-Ibriz Li Ma’ rifati Tafsir al-Qur’an al-Aziz) ini menggunakan metode deskriptif analisis di mana metode ini bertujuan untuk memperoleh ilustrasi yang jelas berkaitan dengan tafsir mengenai ayat jihad. Penulis memperoleh beberapa kesimpulan, sebagai berikut: Penafsiran KH. Bisri Mustafa atas ayat- ayat jihad, sangat singkat dan padat. Bahwa jihad diartikan sebagimana tidak jauh dengan teks al-Quran, KH. Bisri Mustafa adalah salah satu ulama’ Indonsia yang terkenal moderat, sehingga penulis menarik beberapa hal dari penafsiran KH. Bisri Mustafa bahwa jihad tidak lagi tentang hunusan pedang yang berdarah- darah namun tentang berjihad dengan mencari ridha Allah yang mampu dilakukan dengan apa saja, menahan hawa nafsu adalah jihad, memerangi sarana al-Qur’an merupakan bagian dari jihad, mencurahkan harta benda dan jiwa raga merupakan bagian dari jihad. Maka berjihadlah atas nama Allah SWT dengan niat meluhurkan Agama Allah maka Allahpun akan menjanjikan Surga bagi yang demikian itu. Bukan untuk saling menyakiti tapi saling menyayangi semua mahluk ciptaan Tuhan di alam dunia ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Fauzan Naif, M.A
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:25
Last Modified: 26 Aug 2016 04:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21824

Actions (login required)

View Item View Item