MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MODEL PERSEDIAAN DETERMINISTIK DINAMIS DENGAN METODE HEURISTIK (STUDI KASUS WL ALUMUNIUM)

ARIFATUN NISA, NIM. 11660001 (2016) MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MODEL PERSEDIAAN DETERMINISTIK DINAMIS DENGAN METODE HEURISTIK (STUDI KASUS WL ALUMUNIUM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MODEL PERSEDIAAN DETERMINISTIK DINAMIS DENGAN METODE HEURISTIK (STUDI KASUS WL ALUMUNIUM))
11660001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MODEL PERSEDIAAN DETERMINISTIK DINAMIS DENGAN METODE HEURISTIK (STUDI KASUS WL ALUMUNIUM))
11660001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Persediaan merupakan aset penting dari perusahaan. Manajemen persediaan dilakukan agar dapat meminimalkan total biaya persediaan. Kapan waktu pemesanan dan berapa jumlah pemesanan harus diketahui dengan pasti agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan bahan baku. WL Alumunium sebagai perusahaan yang memproduksi perlengkapan rumah tangga dengan bahan baku barang bekas berbahan alumunium, masih melakukan pemesanan berdasarkan perkiraan dan tidak berdasarkan perhitungan pasti kebutuhan bahan baku yang akan digunakan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian agar dapat diketahui ukuran pemesanan, titik pemesanan ulang, dan total biaya persediaan yang minimal. Berdasarkan model persediaan pada perusahaan WL Alumunium, metode penelitian yang digunakan yaitu metode heuristik untuk model persediaan deterministik dinamis. Penelitian dilakukan dengan membandingkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode Silver Meal, Least Unit Cost, dan Part Period Algorithm. Perhitungan dilakukan untuk kebutuhan bahan baku pada bulan Januari sampai dengan Juni 2016. Dengan menggunakan metode Silver Meal dan Part Period Algorithm diperoleh jumlah bahan baku yang harus dipesan sebesar 135.282 kg dengan total biaya persediaan sebesar Rp 2.709.627.966,18. Dengan metode Least Unit Cost diperoleh jumlah bahan baku yang harus dipesan sebesar 134.652 kg dengan total biaya persediaan sebesar Rp 2.697.018.175,98. Untuk pemesanan kembali, dilakukan jika jumlah persediaan bahan baku minimal sebesar 904,37 kg. Adapun metode persediaan yang dapat diterapkan di WL Alumunium yaitu metode Least Unit Cost, yang menghasilkan total biaya persediaan yang paling minimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dwi Agustina Kuraniawati,
Uncontrolled Keywords: persediaan, bahan baku, deterministik dinamis, silver meal, least unit cost, part period algorithm
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:36
Last Modified: 30 Aug 2016 02:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21826

Actions (login required)

View Item View Item