TUGAS AKHIR ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX

ABDUL NAIM SUNI, NIM. 11660041 (2016) TUGAS AKHIR ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TUGAS AKHIR ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX)
11660041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX)
11660041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Supply chain adalah suatu sistem tempat organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Dari sudut pandang ritel konsep supply chain merupakan arus bahan baku, informasi, pembayaran, dan jasa dari supplier sampai kepada konsumen akhir melewati pabrikasi dan gudang. Pamella Satu Supermarket adalah salah satu perusahaan ritel besar yang ada di Jogja dan menjual hingga 1720 varian produk kebutuhan sehari-hari. Hasil penelitian ini adalah nilai pengukuran supply chain di Pamella Supermarket dalam skala 0-1000 adalah sebagai berikut: Pada bulan Januari nilainya adalah 600, bulan Februari adalah 750, bulan Maret adalah 750, bulan April adalah 500, bulan Mei adalah 750, bulan Juni adalah 600, bulan Juli adalah 750, bulan Agustus adalah 500, bulan September adalah 500. Posisi performa supply chain di Pamella Satu dibandingkan dengan perusahaan consumer goods rata-rata performa pada tiap kategorinya termasuk superior (terbaik), tapi rata-rata performa sebagian besar pada kategori perfect order fulfillment dan total supply chain management cost-nya masuk pada kategori parity (terendah) dengan nilai dibawah rata-rata perusahaan consumer goods. Penyebab utama performa rendah pada tiap bulannya ada dua yaitu inventory inaccuracy dan total cost tinggi. Lalu penyebab dalam hal inventory inaccuracy adalah sebagai berikut: Untuk faktor dari Supplier yaitu: adanya kekurangan stok produk, kesalahan jumlah pengiriman produk yang disebabkan oleh kesalahan pencatatan deadline atau salah pencatatan jumlah pesanan, banyaknya pesanan produk serupa dari toko/perusahaan lain yang disebabkan kekurangan armada dan pegawai. Faktor dari Perusahaan adalah: kesalahan peramalan kebutuhan konsumen yang disebabkan salah pemilihan metode peramalan dan salah penentuan jumlah pembelian serta tidak ada riwayat catatan diskon dari supplier, kesalahan informasi stok dikarenakan salah penempatan produk dan salah input data produk serta salah pencatatan produk. Lalu beberapa sebab terjadinya total cost tinggi adalah sebagai berikut: Faktor dari supplier: Untuk faktor biaya tetap adalah: penggunaan kertas kurang hemat seperti kertas buram sehingga biayanya tinggi, penerangan kurang hemat karena belum menggunakan lampu LED, penataan gudang kurang rapi. Faktor dari inventory adalah: kesalahan peramalan kebutuhan konsumen yang disebabkan kurang tepatnya pemilihan metode peramalan serta salah input data produk di gudang, salah menaruh produk. Faktor karyawan: kondisi display yang kurang rapi seperti terlihat adanya kardus yang tidak tertata rapi dekat jalan antar rak display serta jarak display antar rak yang begitu pendek, pelayanan dari kasir kurang memuaskan seperti kurang cepat dan kurang senyum serta kurang ramah sehingga konsumen kadang beralih pada toko lainnya, karyawan kurang produktif yang disebabkan kurang cekatan dan kurang teliti saat bekerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Tutik Farihah, S.T., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Supply Chain, SCOR, OMAX, Fishbond, Inventory Inaccuracy, Biaya Operasional Tinggi.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:44
Last Modified: 30 Aug 2016 02:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item View Item