PERANCANGAN KEMASAN OLEH-OLEH SALE PISANG UNTUK MERESPON IMPULSIVE BUYER DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS DI PUSAT PELATIHAN DAN PEDESAAN SWADAYA NGUDI LESTARI)

RICKO IRHANDI, NIM. 11660049 (2016) PERANCANGAN KEMASAN OLEH-OLEH SALE PISANG UNTUK MERESPON IMPULSIVE BUYER DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS DI PUSAT PELATIHAN DAN PEDESAAN SWADAYA NGUDI LESTARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN KEMASAN OLEH-OLEH SALE PISANG UNTUK MERESPON IMPULSIVE BUYER DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS DI PUSAT PELATIHAN DAN PEDESAAN SWADAYA NGUDI LESTARI))
11660049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN KEMASAN OLEH-OLEH SALE PISANG UNTUK MERESPON IMPULSIVE BUYER DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS DI PUSAT PELATIHAN DAN PEDESAAN SWADAYA NGUDI LESTARI))
11660049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (p4s) Ngudi Lestari Gunung Kidul Yogyakarta merupakan industri kecil menengah (IKM) yang memproduksi berbagai macam produk olahan makanan, salah satunya sale pisang. Untuk dapat bersaing dengan para kompetitor, IKM P4s Ngudi Lestari perlu memperhatikan kualitas produknya. Tidak hanya kualitas produk saja yang berpengaruh besar dalam penjualan. Kemasan juga mempunyai peran yang sangat penting dalam pemasaran sebuah produk. Desain kemasan dalam produk merupakan faktor yang penting dalam pembelian konsumen terhadap suatu produk. Untuk membuat suatu desain kemasan produk yang dapat menggambarkan perasaan konsumen, maka dilakukan penelitian menggunakan metode kansei engineering. Kansei Engineering sendiri merupakan teknologi penerjemah perasaan konsumen (kansei) tentang produk yang akan datang (baru), menjadi sebuah elemen desain. Dalam penelitian ini dilakukan observasi dan wawancara untuk mendapatkan kata kansei yang valid untuk kemudian dijadikan parameter untuk mendapatkan suatu kemasan yang sesuai dengan keinginan konsumen. Parameter tersebut dibuat kedalam kuesioner yang selanjutnya disebarkan atau ditujukan kepada remaja putri usia 16-25 tahun. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh desain dengan bentuk tabung standar, penamaan merk model 1, gambar jadi, dan komposisi letak tulisan ditengah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tutik Farihah, S.T, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kansei Engineering, desain kemasan, sale pisang
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Aug 2016 09:50
Last Modified: 30 Aug 2016 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21828

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum