STUDI KOMPUTASI PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MESIN DENGAN METODE SPT (SHORTEST PROCESSING TIME), EDD (EARLIEST DUE DATE), NEH (NAWAZ, ENSCORE, HAM), NEH-EDD, DAN MODIFIED-NEH

YOGA ISNAINI NUGROHO, NIM. 12660020 (2016) STUDI KOMPUTASI PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MESIN DENGAN METODE SPT (SHORTEST PROCESSING TIME), EDD (EARLIEST DUE DATE), NEH (NAWAZ, ENSCORE, HAM), NEH-EDD, DAN MODIFIED-NEH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPUTASI PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MESIN DENGAN METODE SPT (SHORTEST PROCESSING TIME), EDD (EARLIEST DUE DATE), NEH (NAWAZ, ENSCORE, HAM), NEH-EDD, DAN MODIFIED-NEH)
12660020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPUTASI PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MESIN DENGAN METODE SPT (SHORTEST PROCESSING TIME), EDD (EARLIEST DUE DATE), NEH (NAWAZ, ENSCORE, HAM), NEH-EDD, DAN MODIFIED-NEH)
12660020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penjadwalan adalah pengurutan pengerjaan keseluruhan produk pada beberapa mesin. Penelitian ini membahas mengenai penjadwalan flow shop menggunakan metode SPT (Shortest Processing Time), EDD (Earliest Due Date), Algoritma NEH (Nawaz, Enscore, Ham), NEH-EDD, dan Modified-NEH. Diantara kelima metode tersebut terdapat dua metode modifikasi oleh peneliti yaitu metode NEHEDD dan metode Modified-NEH. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui performansi kelima metode dalam meminimalkan makespan dan total tardiness. Data penelitian yang digunakan adalah data waktu proses dan due date yang merupakan bilangan random yang dibangkitkan dengan program yang dibuat menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dengan ukuran 5 job 5 mesin (skala kecil) dan 13 job 3 mesin (skala sedang). Parameter performansi yang digunakan yaitu makespan rata-rata, total tardiness rata-rata, Efficiency Index (EI), Relative Error (RE), dan Run time. Hasil penelitian didapat bahwa metode NEH merupakan metode terbaik dalam meminimasi makespan dengan hasil makespan rata-rata pada kombinasi skala kecil yaitu 53,35 dan 83,803 pada kombinasi skala sedang. Untuk kriteria minimasi total tardiness, metode modifikasi oleh peneliti yaitu NEH-EDD memiliki performansi terbaik dengan nilai rata-rata total tardiness pada kombinasi skala kecil sebesar 9,37 dan 231,02 pada kombinasi skala sedang. Untuk metode modifikasi dengan tujuan meminimasi kedua kriteria sekaligus diketahui metode Modified-NEH memiliki performansi yang cukup baik dengan hasil makespan rata-rata kombinasi skala kecil yaitu 57,15 dan 88,107 pada kombinasi skala sedang dengan nilai total tardiness rata-rata kombinasi skala kecil sebesar 14,21 dan 246,57 untuk kombinasi skala sedang. Hasil run time didapat bahwa metode NEH, NEH-EDD, dan Modified-NEH memiliki run time terbesar yaitu 0,156 detik untuk kombinasi skala kecil dan 38,466 detik untuk kombinasi skala sedang, namun nilai tersebut masih dapat ditoleransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina K., M.Eng.
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, flow shop, SPT, EDD, NEH, NEH-EDD, Modified-NEH, rata-rata makespan, rata-rata total tardiness, efficiency index, relative error, run time
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Aug 2016 10:19
Last Modified: 30 Aug 2016 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum