PELAKSANAAN PENGHIMPUNAN ZAKAT OLEH BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH (STUDI PELAKSANAAN PASAL 25 QANUN ACEH NOMOR 10 TAHUN 2007) OLEH: NAHARA ERIYANTI, S.H.I

NAHARA ERIYANTI, SHI, NIM. 1420310033 (2016) PELAKSANAAN PENGHIMPUNAN ZAKAT OLEH BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH (STUDI PELAKSANAAN PASAL 25 QANUN ACEH NOMOR 10 TAHUN 2007) OLEH: NAHARA ERIYANTI, S.H.I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENGHIMPUNAN ZAKAT OLEH BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH (STUDI PELAKSANAAN PASAL 25 QANUN ACEH NOMOR 10 TAHUN 2007) OLEH: NAHARA ERIYANTI, S.H.I NIM : 1420310033 TESIS)
1420310033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENGHIMPUNAN ZAKAT OLEH BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH (STUDI PELAKSANAAN PASAL 25 QANUN ACEH NOMOR 10 TAHUN 2007) OLEH: NAHARA ERIYANTI, S.H.I NIM : 1420310033 TESIS)
1420310033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan penghimpunan zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh yang memfokuskan studi terhadap pasal 25 Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2007 tentang Baitul Mal. Pada penelitian ini penulis merumuskan masalah yang ditemukan kedalam 3 poin penting yaitu : 1). Bagaimana keberhasilan Qanun Nomor 10 Tahun 2007 terhadap muzakki dalam membayar zakat melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh, 2). Apa saja faktor yang menyebabkan muzakki enggan membayar zakatnya melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh dan 3). Bagaimana tindakan Baitul Mal Kota Banda Aceh terhadap muzakki yang enggan membayar zakat melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh yang termasuk seruan dalam Pasal 25 Qanun tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah. Dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum yaitu penelitian yang bermakasud mengamati pola-pola interaksi anatara kekuatan hukum dan respon masyarakat terhadap hukum tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dengan teknik menganalisis dokumen-dokumen, laporan kegiatan, arsip-arsip dan wawancara langsung dengan karyawan Baitul Mal Kota Banda Aceh, dan untuk mendukung hasil penelitian ini wawancara juga dilakukan dengan beberapa profesi pekerjaan yang dimaksud salam Qanun Nomor 10 Tahun 2007 yang berjumlah 23 responden. Adapun hasil penelitian ini diketahui bahwa keberadaan Qanun Nomor 10 tahun 2007 belum berhasil memikat minat masyarakat untuk membayar zakat di Baitul Mal terbukti dengan masih tidak seimbangnya antara potensi zakat yang ada dengan zakat yang berhasil dikumpulkan. Ada beerapa faktor yang menyebabkan masyarakat enggan membayar zakat yaitu 1). Faktor Hukum 2). Faktor penegak hukum dan 3). Faktor budaya. Baitul Mal Kota Banda Aceh dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang bernanung di bawah pemerintah Kota Banda Aceh dalam hal mengelola harta zakat tidak terlalu tergesa-gesa dalam menghadapi masyarakat pada saat ini hal yang prioritas dilakukan oleh Bitul Mal adalah menyadarkan masyarakat agar membayarkan zakatnya melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh agar dikelola dengan semestinya dan tidak ada tindakan seperti yang tertera pada Pasal 50 Qanun Nomor 10 Tahun 2007 yang dilakukan oleh Baitul Mal terhadap Muzakki yang enggan membayarkan zakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Hamim Ilyas, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Qanun Aceh, Penghimpunan Zakat, Baitul Mal Kota Banda Aceh
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Aug 2016 10:42
Last Modified: 30 Aug 2016 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum