PENGARUH ARUS KAS BEBAS DAN KESULITAN KEUANGAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2012-2014)

GALIH RATNA NINGRUM, SE, NIM. 1420310005 (2016) PENGARUH ARUS KAS BEBAS DAN KESULITAN KEUANGAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2012-2014). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ARUS KAS BEBAS DAN KESULITAN KEUANGAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2012-2014))
1420310005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ARUS KAS BEBAS DAN KESULITAN KEUANGAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2012-2014))
1420310005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Manajemen laba merupakan suatu tindakan yang dilakukan manajemen perusahaan untuk mempengaruhi laba (income) yang dilaporkan yang dapat memberikan informasi mengenai keuntungan ekonomis (economic advantage) yang sesungguhnya tidak dialami perusahaan dalam jangka panjang bahkan merugikan perusahaan. Manajemen laba adalah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk meyakinkan kepada para pemegang saham bahwa perusahaan dalam kondisi baik, sehingga memudahkan perusahaan untuk meminjam dana atau menarik investor untuk membeli saham perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah arus kas bebas dan kesulitan keuangan berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2012-2014. Teori yang digunakan adalah teori keagenan (agency theory), teori signal (signalling theory), dan manajemen laba (earnings management). Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam Jakarta Islamic Indexpada tahun 2012-2014 dengan menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan agar dapat diperoleh sampel yang terwakili. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indexperiode 2012-2014 yang telah dipublikasikan. Untuk menjelaskan pengaruh kedua variabel tersebut terhadap manajemen laba, maka data yang diperoleh dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel arus kas bebas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, hal ini dikarenakan perusahaan dengan nilai arus kas bebas yang tinggi, tanpa adanya manajemen laba perusahaan sudah bisa meningkatkan harga sahamnya. Variabel kesulitan keuangan secara parsial juga tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, ini menunjukkan bahwa perusahaan yang mengalami kendala pendanaan tidak cenderung untuk melakukan manajemen laba, karena diduga kendala pendanaan yang dialami perusahaan tidak terlalu besar sehingga masih bisa diatasi oleh perusahaan. Variabel leverage menunjukkan bahwa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat leverage yang dimiliki perusahaan akan meningkatkan tindak manajemen laba oleh pihak manajemen. Sedangkan untuk variabel ukuran perusahaan menunjukkan bahwa secara parsial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, ini menunjukkan bahwa besar kecilnya perusahaan tidak mempengaruhi tingkat manajemen laba. Hal ini dapat disebabkan karena manajemen memiliki motif lain dalam melakukan manajemen laba selain political motivation dan taxation motivation, sehingga besar kecilnya ukuran perusahaan tidak menjadi pertimbangan manajemen dalam melakukan manajemen laba.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si, Akt., CA.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Arus Kas Bebas, dan Kesulitan Keuangan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Aug 2016 10:08
Last Modified: 31 Aug 2016 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21841

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum