IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB AMTSILATI SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI BIDANG MAHARAH QIRO’AH SISWA KELAS VII SMP DARUL FALAH MARON GARUNG WONOSOBO

MUCHAMMAD CHADLIQ RAFI, NIM: 09420195 (2016) IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB AMTSILATI SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI BIDANG MAHARAH QIRO’AH SISWA KELAS VII SMP DARUL FALAH MARON GARUNG WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB AMTSILATI SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI BIDANG MAHARAH QIRO’AH SISWA KELAS VII SMP DARUL FALAH MARON GARUNG WONOSOBO)
09420195_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB AMTSILATI SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI BIDANG MAHARAH QIRO’AH SISWA KELAS VII SMP DARUL FALAH MARON GARUNG WONOSOBO)
09420195_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muchammad Chadliq Rafi. Implementasi Kajian Kitab Amtsilati Sebagai Penunjang Prestasi Belajar Bahasa Arab di Bidang Maharah Qiro’ah Siswa Kelas VII SMP Darul Falah Maron Garung Wonosobo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. 2016 Salah satu metode dalam pembelajaran yang dinilai mudah memahami nahwu sharf. Implementasi kajian kitab Amtsilati inilah yang penyusun terapkan kepada subyek penelitian dengan harapan dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kajian kitab amtsilati, hasil belajar siswa serta efektifitas kajian kitab Amtsilati dalam prestasi belajar bahasa Arab di bidang maharah Qiroah siswa SMP Darul Falah Maron Garung Woinosobo dengan menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B (36 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII A (36 siswa) sebagai kelompok kontrol. Sampel yang mewakili seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data digunakan program SPSS 13. Analisis data meliputi analisis deskriptif dengan menggunakan rumus t “tes”, dari hasil analisis tersebut dihasilkan nilai to > tt (0.000  -5.060), dengan perolehan nilai rata-rata post test hasil belajar qira’ah siswa kelompok eksperiment yaitu sebesar 7.5833, sedangkan nilai rata-rata post test hasil belajar qira’ah siswa kelompok kontrol yaitu sebesar 6.3750. Karena to (t observasi) lebih besar dari tt (t tabel), maka dinyatakan Ho diterima. Untuk persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov- Smirnov. Pada uji normalitas ini terbukti data berdistribusi normal dengan D hitung lebih kecil dari pada harga kritik D tabel atau P (0.512) > 0.05. Hasil penelitian menunjukkan: pembelajaran bahasa Arab (qira’ah) dengan mengimplementasikan metode kajia kitab Amtsilati dapat membantu peningkatan kemampuan siswa kelas VII B SMP Darul Falah Maron Garung Wonosobo, dan ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab (qira’ah) dengan implementasikan metode kajia kitab Amtsilati dan tanpa menggunakan implementasikan metode kajia kitab Amtsilati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: KITAB AMTSILATI, PRESTASI BELAJAR, BAHASA ARAB, SMP DARUL FALAH MARON GARUNG WONOSOBO
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2016 08:21
Last Modified: 16 Sep 2016 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum