HUBUNGAN PENGUASAAN NAHWU SHARAF DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI KELAS II DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET

MUH. FATHUNNAJAH, NIM : 11420055 (2016) HUBUNGAN PENGUASAAN NAHWU SHARAF DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI KELAS II DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PENGUASAAN NAHWU SHARAF DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI KELAS II DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET)
11420055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PENGUASAAN NAHWU SHARAF DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI KELAS II DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET)
11420055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penguasaan teori Nahwu Sharaf santri kelas II dan kemampuannya dalam membaca kitab kuning; selain itu untuk mengetahui hubungan antara penguasaan Nahwu Sharaf dengan kemampuan santri kelas II dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Fadlun Minallah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di dalam dunia pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab umumnya dan khususnya pada kelas II di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan korelasioner data yang telah dikumpulkan. Data tersebut terdiri atas variabel bebas, yakni penguasaan teori Nahwu Sharaf, dan variabel tergantung, yakni kemampuan membaca kitab kuning santri kelas II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan teori Nahwu Sharaf santri berpengaruh 26,7% terhadap kemampuan membaca kitab. Diperkirakan masih ada 73,3% dipengaruhi faktor lain yang mempengaruhinya.Misalnya motivasi, metode pembelajaran yang dibawakan oleh guru dalam mengajar, intensitas santriwan dan santriwati dalam belajar dan lain sebagainya.Selain itu, data tersebut dinyatakan ada korelasi karena diketahui bahwa nilai p = 0,001 < 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nahwu, sorof, kitab kuning
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Nov 2016 10:47
Last Modified: 25 Nov 2016 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21866

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum