PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2012-2014

NOORIKHA PANDAYAHESTI SAPUTERI, SEI, NIM. 1420310056 (2016) PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2012-2014. Masters thesis, PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2012-2014.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2012-2014)
1420310056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2012-2014)
1420310056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nilai perusahaan mencerminkan abstraksi dan kinerja perusahaan. Apakah perusahaan tersebut bernilai baik atau buruk dan hal itu akan mempengaruhi reaksi investor terhadap investasi yang mereka pilih. Nilai perusahaan yang berfluktuasi terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu struktur modal, kebijakan dividen dan kepemilikan manajerial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal, kebijakan dividen dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data laporan keuangan perusahaan, Indonesian Capital Market Directory (ICMD), IDX Statistics, data perusahaan yang masuk di Jakarta Islamic Index (JII), dan profil perusahaan yang diperoleh melalui Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Bursa Efek Indonesia (BEI) Yogyakarta. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2012-2014. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan total sampel penelitian ini adalah 22 perusahaan dan total data observasi selama periode penelitian sejumlah 66 data. Alat uji yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable struktur modal, kebijakan dividen dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil penelitian secara simultan menyatakan bahwa struktur modal dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan, hal ini menunjukkan bahwa keputusan mengenai struktur modal dan kebijakan dividen akan mempengaruhi harga saham dan berdampak pada nilai perusahaan sehingga ini akan menjadi pertimbangan penting bagi investor dalam berinvestasi. Dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, hal ini dikarenakan semakin banyak saham yang dimiliki oleh manajer akan semakin menurunkan masalah keagenan sehingga membuat dividen tidak perlu dibayarkan pada risiko yang tinggi. Dalam hal ini berarti kepemilikan manajerial mempengaruhi kebijakan deviden secara negatif. Dengan jumlah investasi yang tinggi, investor institusional melakukan monitoring yang semakin ketat dan menghalangi perilaku oportunis manajer. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepemilikan manajerial akan menurunkan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Bapak Dr. H. Ibnu Qizam, SE., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Struktur Modal, Kebijakan Dividen dan Kepemilikan Manajerial.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2016 09:34
Last Modified: 06 Sep 2016 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum