PERTUMBUHAN NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH (DES) DENGAN PENDEKATAN BOOK VALUE, PAR VALUE DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA)

RIZAL ALFIT JAYA, SEI, NIM. 1420310067 (2016) PERTUMBUHAN NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH (DES) DENGAN PENDEKATAN BOOK VALUE, PAR VALUE DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERTUMBUHAN NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH (DES) DENGAN PENDEKATAN BOOK VALUE, PAR VALUE DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA))
1420310067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERTUMBUHAN NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH (DES) DENGAN PENDEKATAN BOOK VALUE, PAR VALUE DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA))
1420310067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan berdirinya suatu perusahaan adalah untuk memaksimalkan pencapaian profitabilitas. Sasaran ini memiliki landasan yang kuat demi kemajuan perusahaan ke depan. Kemajuan dan perkembangan sebuah perusahaan dapat diukur oleh beberapa hal, diantaranya yaitu tingkat pertumbuhan. Pertumbuhan laba dalam suatu perusahaan selama ini telah menjadi fokus utama sebagian besar, namun fokus pada pertumbuhan nilai saat ini masih kurang mendapat perhatian besar dari pihak yang melibatkan diri dalam suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan nilai perusahaan yang terdaftar di DES dengan pendekatan tiga pendekatan, yaitu (1) book value, (2) par value dan (3) economic value added (EVA). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pasar modal karena dalam penelitian ini peneliti menjadikan pasar modal sebagai objek penelitian. Jika dilihat dari jenis datanya maka penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Secara khusus dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu laporan keuangan perusahaan dalam kategori consumer goods industry di Daftar Efek Syariah (DES) selama periode 2010-2014. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil temuan dalam penelitian ini memberikan fakta bahwa pertumbuhan nilai perusahaan dengan pendekatan book value menunjukkan ada 21 perusahaan yang mengalami pertumbuhan yang positif dan 3 perusahaan mengalami pertumbuhan yang negatif. Pertumbuhan nilai dengan pendekatan par value menunjukkan bahwa ada 6 perusahaan yang mengalami pertumbuhan positif. Pertumbuhan nilai pari ini menunjukkan bahwa terjadi kenaikan aset perusahaan sehingga nilai nominal saham perusahaan juga mengalami perubahan. Kemudian, Pertumbuhan nilai dengan pendekatan EVA menunjukkan bahwa dari 24 perusahaan yang menjadi sampel penelitian ini, hanya ada 10 perusahaan yang menghasilkan rata-rata pertumbuhan nilai yang positif selama 5 tahun. Penelitian mengenai pertumbuhan nilai dengan ketiga pendekatan ini diharapkan dapat mendeskripsikan kualitas pertumbuhan perusahaan yang ada pada DES. Secara tidak langsung peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi manajemen perusahaan dalam meningkatkan kualitas kinerja keuangan perusahaan demi menopang terciptanya pembangunan perekomian di masa mendatang, serta dapat memberik kontribusi yang baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan terkait dengan pertumbuhan dan value perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. M. Fakhri Husein, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Nilai, Daftar Efek Syariah (DES), Book Value, Par Value dan Economic Value Added (EVA)
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2016 10:22
Last Modified: 06 Sep 2016 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21875

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum