TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP PERNIKAHAN DI BAWAH TANGAN (STUDI KASUS DI DUSUN GONJEN, DESA TAMANTIRTO, KECAMATAN KASIHAN, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

GUSRIANTO, NIM. 1420311002 (2016) TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP PERNIKAHAN DI BAWAH TANGAN (STUDI KASUS DI DUSUN GONJEN, DESA TAMANTIRTO, KECAMATAN KASIHAN, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP PERNIKAHAN DI BAWAH TANGAN (STUDI KASUS DI DUSUN GONJEN, DESA TAMANTIRTO, KECAMATAN KASIHAN, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
1420311002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP PERNIKAHAN DI BAWAH TANGAN (STUDI KASUS DI DUSUN GONJEN, DESA TAMANTIRTO, KECAMATAN KASIHAN, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
1420311002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pernikahan yang sah merupakan pernikahan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan agama dan ketentuan Negara sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam (KHI), kedua peraturan tersebut, merupakan dasar bagi masyarakat untuk melangsungkan pernikahan agar tercapainya sebuah rumah tangga yang bahagia, kekal dan abadi. Namun, pada saat ini masih banyak terjadi praktek pernikahan di bawah tangan, salah satunya yaitu terjadi di lingkungan masyarakat Dusun Gonjen, yang merupakan sebuah fenomena sosial yang menyimpang. Berdasarkan fenomena sosial di atas, maka penelitian ini membahas Tinjauan Sosiologis Terhadap Pernikahan di Bawah Tangan (Studi Kasus di Dusun Gonjen, Desa Tamantirto, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta), dengan menggunakan beberapa rumusan masalah, yaitu: Bagaimana model pernikahan di bawah tangan di Dusun Gonjen, Mengapa masyarakat melakukan pernikahan di bawah tangan, dan kemudian bagaimana tinjauan sosiologis terhadap pernikahan di bawah tangan yang dilakukan oleh masyarakat Dusun Gonjen. Penelitian dalam tesis ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan atau dilangsungkan di tempat tertentu dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Pendekatan sosiologis adalah pendekatan yang menggunakan logika-logika atau teori-teori untuk menggambarkan fenomena yang terjadi di dalam masyarakat, serta melihat pengaruh fenomena tersebut terhadap yang lainnya. Teori yang digunakan dalam tesis ini adalah teori struktural fungsional yang berasal dari Talcott Parsons, dengan teori tersebut akan dijelaskan mengenai penyimpangan sosial yang akan berdampak negatif terhadap keseimbangan masyarakat dan struktur sosial yang ada di dalamnya. Adapun hasil dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa praktek pernikahan di bawah tangan yang terjadi di kalangan masyarakat Dusun Gonjen, terdiri dari 2 (dua) bentuk, yaitu pernikahan yang disembunyikan atau dirahasiakan dan pernikahan yang disepakati namun tidak dicatatkan yang dilatarbelakangi oleh: sulitnya prosedur poligami, faktor ekonomi, agama, faktor keluarga, faktor prosedur perceraian di Pengadilan Agama, kurangnya pemahaman atau kesadaran masyarakat mengenai pencatatan pernikahan, adanya peran tokoh masyarakat dalam melangsungkan pernikahan di bawah tangan, dan penegakan hukum yang kurang tegas terhadap pernikahan yang menyimpang. Secara sosiologis, masyarakat Dusun Gonjen merupakan masyarakat kota yang sudah maju. Namun, dengan kemajuan tersebut, mereka cenderung melakukan perilaku menyimpang dalam bentuk pernikahan, salah satunya melakukan pernikahan di bawah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sri Wahyuni, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Pernikahan, Di bawah tangan, dan sosiologis.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2016 14:44
Last Modified: 06 Sep 2016 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21884

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum