PERAN BP4 DALAM MEMBANTU PROSES MEDIASI PENYELESAIAN SENGKETA PERDATA DI LEMBAGA PERADILAN DI INDONESIA (STUDI OPTIMALISASI MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA)

ISHAK TRI NUGROHO, SHI, NIM. 1420311081 (2016) PERAN BP4 DALAM MEMBANTU PROSES MEDIASI PENYELESAIAN SENGKETA PERDATA DI LEMBAGA PERADILAN DI INDONESIA (STUDI OPTIMALISASI MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BP4 DALAM MEMBANTU PROSES MEDIASI PENYELESAIAN SENGKETA PERDATA DI LEMBAGA PERADILAN DI INDONESIA (STUDI OPTIMALISASI MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA))
1420311081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN BP4 DALAM MEMBANTU PROSES MEDIASI PENYELESAIAN SENGKETA PERDATA DI LEMBAGA PERADILAN DI INDONESIA (STUDI OPTIMALISASI MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA))
1420311081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Semenjak dirubahnya singkatan BP4 menjadi Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan, banyak masyarakat yang menganggap bahwa peran BP4 hanya sebagai penasehat atau konselor perkawinan semata. Padahal tugas BP4 yang lain seperti mediator dalam rangka pelestarian perkawinan juga termasuk di dalamnya. Asumsi tersebut juga berpengaruh pada eksistensi peran BP4 untuk melakukan mediasi di lembaga peradilan.Padahal kenyataan di lapangan, menumpuknya kasus gugatan perdata di Pengadilan sering menjadi beban tambahan bagi hakim. Penumpukan jadwal sidang tersebut seringkali terhambat penyelesaiannya dikarenakan harus menunggu hakim yang sedang bertugas melaksanakan proses mediasi. Disinilah seharusnya BP4 mengambil peran sebagai mediator yang membantu tugas hakim untuk memedasi sekaligus mengurangi penumpukan perkara.Di antara lembaga peradilan di DIY sendiri baru ada satu lembaga peradilan yang melakukan kerjasama mediasi dengan BP4 yakni Pengadilan Agama Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mengkaji bagaimana peran BP4 dalam melakukan mediasi di pengadilan dengan melalui pendekatan yuridis empiris sebagai optimalisasi mediasi di Pengadilan, baik ditinjau dari segi legalitas hukum maupun ditinjau dari peranan BP4 sebagai mediator dalam mengoptimalkan proses mediasi di Pengadilan Agama. Penelitian ini juga mengakaji uapaya apa saja yang dilakukan oleh BP4 dalam menjalankan perannya sebagai mediator, faktor-faktor yang menghambat menghambat proses mediasi, serta beberapa analisis usulan bentukoptimalisasi untuk mediasi yang lebih baik. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan teori ashl-shulh, teori peran dan teori sistem hukum, yang kemudian di hasil akhir disimpulkan menggunakananalisis teori optimalisasi peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran BP4 sebagai mediator di Pengadilan Agama Yoyakarta menjadi sangat penting dikarenakan proses mediasi BP4 mampu membantu tugas hakim dalam menjalankan mediasi sehingga hakim lebih fokus dalam melakukan proses persidangan. Mediasi yang semula harus dilakukan oleh hakim kini dilimpahkan kepada BP4 dalam rangka mengefesiensikan waktu dan sekaligus mengoptimalkan peran BP4 sebagai bagian dari lembaga perdamaian yang diakui oleh PERMA Nomor 1 tahun 2008. Pengoptimalan peran ini dilakukan dengan penandatangan memorandum (MoU) Kesepahaman Penyelenggaraan Pelaksanaan Mediasi antara Pengadilan Agama Yogyakarta dengan BP4. Dengan MoU tersebut proses dan hasil mediasi yang dilakukan lebih efisien dan maksimal dikarenakan mengharuskan para pihak yang memilih mediasi dengan BP4 untuk beracara di Pengadilan, sehinnga menghemat biaya dan waktu. Kerjasama mediasi antara BP4 dengan Pengadilan Agama Yogyakarta ini merupakan bentuk pengoptimalan peran BP4 sebagai salah satu lembaga mediasi yangbisa dijadikan pilot project percontohan bagi lembaga peradilan lain di Indonesia dalam menentukan kebijakan yang serupa demi mediasi yang lebih bak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Agus Mohammad Najib, MAg.,
Uncontrolled Keywords: Peran BP4,Optimalisasi,Mediasi, Pengadilan Agama.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Sep 2016 11:09
Last Modified: 07 Sep 2016 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum