PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE TARJAMAH (Studi Kasus di Kelas I Marhalah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta Tahun Ajaran 1436/1437 H)

Imah Qo’imah, NIM. 12420016 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE TARJAMAH (Studi Kasus di Kelas I Marhalah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta Tahun Ajaran 1436/1437 H). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE TARJAMAH (Studi Kasus di Kelas I Marhalah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta Tahun Ajaran 1436/1437 H))
12420016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE TARJAMAH (Studi Kasus di Kelas I Marhalah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta Tahun Ajaran 1436/1437 H))
12420016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (647kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas I Marhalah II berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pada tahun ajaran 1436/1437 H banyak metode yang digunakan, padahal pada tahun-tahun sebelumnya hanya menggunakan metode ceramah saja, salah satu metode yang digunakan di kelas I Marhalah II yaitu metode tarjamah. siswi I Marhalah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta masih banyak yang merasa sulit dalam menggunakan metode tarjamah, padahal pada kenyataanya metode tarjamah merupakan metode yang mudah dan murah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta dengan menggunakan analisa data kualitatif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode tarjamah yang digunakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta kelas I Marhalah II yaitu dilakukan dengan cara menterjemah secara perkata, perkalimat dan langsung satu paragraf. Dalam menggunakan metode tarjamah santri mengalami problema yang dihadapinya yaitu santri mengalami kesulitan dalam menguasai mufrodat, menyusun hasil tarjamahan supaya menjadi kalimat yang baik dan benar dan mencari kosakata di kamus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H.Tulus Mustofa, Lc, M.A
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, metode tarjamah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Nov 2016 15:14
Last Modified: 28 Nov 2016 15:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum