PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA SAHAM SYARIAH YANG MASUK DALAM KELOMPOK ISSI

GITHA LISNAWATI, NIM. 12390058 (2016) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA SAHAM SYARIAH YANG MASUK DALAM KELOMPOK ISSI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA SAHAM SYARIAH YANG MASUK DALAM KELOMPOK ISSI)
12390053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA SAHAM SYARIAH YANG MASUK DALAM KELOMPOK ISSI)
12390053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit, kualitas audit terhadap tax avoidanvce. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah saham syariah yang masuk dalam kelompok Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada tahun 2014- 2015. Metode sampel penelitian menggunakan puposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Software Eviews 8. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kepemilikan institusional terhadap tax avoidance. Kemudian variabel dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan, komite audit berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance begitu pula dengan kualitas audit yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tax avoidance. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel yang berhubungan dengan tax avoidance termasuk kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit, dan kualitas audit. Keterbatasan dari penelitian ini adalah tidak menggunakan sampel dari beberapa industri atau sektor saja, sehingga tidak dapat diidentifikasi pengaruh langsung variabel tersebut terhadap tax avoidance. Keterbatasan lainnya pada penelitian ini adalah menggunakan beberapa proksi saja, sehingga tidak dapat mengetahui pengaruh seluruhnya dari corporate governance.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Muh. Ghafur Wibowo,SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Kualitas Audit, Book Tax Gap, Analisis Common Effect
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:16
Last Modified: 08 Sep 2016 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum